Berita

Pesawat WEL-1 RI X Ramaikan Pameran Alutsista di Jogja

Dibaca: 94 Oleh 16 Agu 2016Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Pesawat WEL-1 RI X koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta ikut meramaikan pemeran alutsisata di Jogja City Mall. Pameran bertema Independence Day Military Expo 2016 ini digelar selama 3 hari dari tanggal 15 -17 Agustus 2016. Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Kamuspusdirla) mengungkapan, keikutsertaan Muspusdirla dengan memamerkan pesawat WEL- 1 RI X dalam ajang pemaran alutsisa dimaksudkan untuk menumbuhkan kebanggaan masyarakat, mengingat pesawat WEL- 1 RI X merupakan pesawat hasil karya anak bangsa.

Kemuspusdirla, Selasa (16/8) menjelaskan pesawat WEL- 1 RI X dibuat pada tahun 1948 oleh Biro Rencana dan Konstruksi Markas Tertinggi AURI di Magetan. Pesawat bermesin sepeda motor Harly Davidson 2 silinder tersebut hancur dilempar granat saat dalam perjalanan menggunakan kereta api dari Jogjakarta menuju Madiun, pada tahun 1948.

Ditambahkannya, untuk membangkitkan cinta dirgantara, pada tahun 1981 dibuat replika 2 pesawat WEL- 1 RI X. Replika pesawat pertama menggunakan mesin Volk Wagon sementara yang lainnya memakai mesin Harly Davidson.

Pesawat WEL- 1 RI X yang dipamerkan di JCM merupakan replika yang bermesin Volk Wagon. Sebelum masuk Muspusdirla tahun 1981, replika pesawat WEL- 1 RI X terlebih dahulu diterbangkan dari Pangkalan Udara Iswahjudi Madiun menuju Pangkalan Udara Adisumarmo Solo dan berakhir di Pangkalan Udara Adisutjipto Yogyakarta.

Baca juga:  LETKOL PNB WIBOWO CAHYONO S. JABAT KOMANDAN LANUD ISKANDAR

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel