Berita

Peserta Diklatpim Tingkat Iii Angkatan Xv Tahun 2016 Kemendagri Kunjungi Muspusdirla

Dibaca: 19 Oleh 12 Feb 2016Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Peserta Pendidikan Latihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III Angkatan XV Tahun 2016 Kementrian Dalam Negeri Regional Yogyakarta mengunjungi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, baru-baru ini. Kunjungan diikuti 30 peserta dipimpin oleh Widya Iswara Bidang Wawasan Kebangsaan, Drs. Suparjiman, M.Hum.

Drs. Suparjiman, M.Hum menyampaikan, kunjungan peserta Diklatpim Tingkat III Angkatan XV di Muspusdirla dimaksudkan sebagai sarana untuk menambah wawasan kebangsaan, peningkatan jiwa nasionalisme dan integrasi bangsa.

Kunjungan di Muspusdirla diterima oleh Kepala Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Kamuspusdirla) Letkol Sus Drs. Taibur Rahman di Ruang Mini Theater. Dalam sambutannya, Kamuspusdirla mengungkapkan kegembiraannya, karena Muspusdirla menjadi salah satu tujuan pembelajaran pengayaan wawasan kebangsaan.

Selama di Muspusdirla, peserta Diklatpim menerima materi Wawasan Kebangsaan dan Integrasi Bangsa. Materi Integrasi Bangsa disampaikan oleh Letkol Sus Yuto Nugroho SS., dalam paparannya disampaikan bahwa persatuan bangsa merupakan syarat mutlak untuk mewujudkan tujuan nasional, yaitu masyarakat adil dan makmur. Perpecahan, justru akan menimbulkan permasalahan bangsa sehingga tujuan nasional yang dicita-citakan tidak akan terwujud.

Baca juga:  Pamen Lanud Sultan Hasanuddin Olah raga Bersama Polda Sulselbar

Sementara materi Wawasan Kebangsaan disampaikan oleh Mayor Sus Ayi Supriyadi, M.Sc. Dijelaskannya bahwa wawasan kebangsaan harus dipahami sebagai bentuk pemahaman pada jati diri bangsa Indonesia yang membedakan bangsa-bangsa di dunia. Wawasan kebangsaan sangat diperlukan karena dapat mengembangkan rasa cinta tanah air serta kesadaran berbangsa dan bernegara.

Usai menerima paparan materi, peserta Diklatpim berkeliling melihat koleksi Muspusdirla dipandu oleh Pns Drs. Kworoseto P, dalam panduannya diterangkan bahwa Muspusdirla menyimpan sejumlah 43 pesawat terbang terdiri dari berbagai jenis diantaranya pesawat tempur, angkut, helikopter, olahraga dan experimen. Di samping itu, di museum yang terletak di Lanud Adisutjipto ini juga menyimpan benda-benda peninggalan para pahlawan TNI Angkatan Udara, seperti pakaian seragam dan tanda jasa.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel