Berita

PESERTA KEJURNAS TERBANG LAYANG DI LANUD SURYADARMA MULAI UJI LAPANGAN DENGAN PESAWAT GLIDERNYA

Dibaca: 59 Oleh 08 Okt 2010Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Guna menguji kondisi landasan pesawat di Pangkalan TNI AU (Lanud) Suryadarma, Kalijati sebagai tempat diselenggarakannya Kejuaraan Nasional (kejurnas) olah raga Terbang Layang pada 9 sampai 19 Oktober 2010 mendatang, Kamis, (7/10) para atlit dari sembilan provinsi mengadakan terbang penyegaran di landasan Lanud Suryadarma. Sekitar dua puluh atlit berlatih untuk menguji kemampuannya melayang-layang di udara menggunakan 12 pesawat glider mereka di atas landasan Lanud Suryadarma juga menguji kemampuannya dalam mendarat dengan tepat sebagai kategori penilaian Kejurnas terbang layang.

Data penerbangan yang dicatat pihak staf dispacth Pusat Pendidikan dan Latihan Terbang Layang (Pusdikterla) dari rencana 64 sortie (kali) terbang karena terkendala cuaca sehingga terealisasi hanya sekitar 26 sortie. Pada latihan penyegaran itu didukung 2 pesawat penarik dengan personel pendukung dari Pusdikterla. Latihan sempat disaksikan pula oleh Komandan Lanud Suryadarma Kol Pnb Irwan Is. Dunggio S.Sos., beserta para Kepala Dinas Lanud Suryadarma yang juga melihat kondisi terakhir tempat akan dilaksanakannya Kemah “Tadabur alam” siswa SMP dan SMA sederajat se-Subang besok Jumat (8/10) di sekitar Hanggar C Lanud Suryadarma.

Baca juga:  Lanud Dominicus Dumatubun Melaksanakan Upacara Bendera 17-An

Hingga kini menjelang pelaksanaan Kejurnas Terbang Layang tahun 2010 di Kalijati tersebut, Persatuan Olah Raga Terbang Layang (Pordirga Terla) melalui panitia pelaksana dari Lanud Suryadarma telah melaksanakan berbagai persiapan yang cukup matang seperti pelaksanaan rapat pendahuluan dan rapat pemantapan selama dua hari berturut-turut (Senin-Selasa, 4-5/10), mempersiapkan dan merapikan lokasi kejurnas, mempersiapkan akomodasi panitia, wasit dan peserta serta berbagai penyiapan fasilitas maupun personel untuk mendukung lancarnya pelaksanaan Kejurnas terbang layang di Kalijati.

Olah Raga Terbang Layang merupakan olah raga dirgantara yang menggunakan glider (pesawat tanpa mesin) sebagai sarana terbang setelah sebelumnya dari landasan ditarik oleh pesawat penarik dengan tali khusus sepanjang 40-60 m. Pada ketinggian 1.500 meter tali dilepas agar glider dapat melayang-layang sendiri menggunakan sayapnya selama beberapa menit kemudian mendarat. Terdapat dua jenis glider yaitu yang single atau bertempat duduk tunggal khusus bagi atlet yang sudah berpengalaman mengudara dan glider dual atau bertempat duduk dua untuk orang yaitu atlet duduk di depan dan pelatih di belakangnya. Glider dual sering digunakan untuk latihan bagi pemula ataupun terbang gembira (joy flight) bagi mereka yang ingin terbang tanpa harus melalui proses latihan.

Baca juga:  Kolonel Nav Saeful Rakhmat Duduki Jabatan Kadispers Lanud Iwj

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel