Berita

PHH Lanud Adi Halau Demo Huru Hara Anti Pemilu

Dibaca: 17 Oleh 24 Mar 2014Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Melibatkan 150 anggota yang terdiri dari pasukan 110 Ton cadangan Lanud Adisucipto, Denhanud 474 Paskhas, 20 sebagai penimbul situasi, 5 tenaga medis, 5 watercanon, dan intelijen. serta pasukan Brigan (brigade Anjing) Pom Lanud Adisucipto, simulasi penagulangan anti huru hara pemilu berjalan lancar. dan disaksikan langsung oleh pejabat di jajaran operasi dan beberapa pejabat terkait.

Simulasi yang dimulai dari pukul 13.00 dan berakhir 15.00 Wib di lap Wonocatur lanud Adisutjipto, mengunakan skenario Massa dari berbagai simpatisan partai yang tidak puas dengan hasil Pemilu. Mereka berkumpul disekitar jalan Solo depan Bandara Adisutjipto. Mereka melakukan Demo dan orasi menentang atau menolak hasil perhitungan suara. Demontrasi yang semula berjalan dengan tertib mulai menjurus ke anarkhisme dan diindikasi akan menduduki Bandara Adisutjipto. 1 Kompi Personel TNI AU, Lanud Adisutjipto sudah disiagakan dibantu personel POM AU berusaha menahan gerak maju dari para demonstran dengan membentuk pagar betis secara berlapis. Beberapa pejabat Lanud Adisutjipto bernegosiasi dengan para pendemo dan menghimbau agar para pendemo mundur dan melaksanakan demo secara tertib. Namun demikian suasana dan cuaca yang semakin panas menjadikan beberapa demonstran memprovokasi massa dan keadaan semakin tidak terkendali. Pasukan Pertahanan Pangkalan dari lanud Adisutjipto membentuk brikade dan berupaya menahan emosi dengan merapatkan barisan dan tetap berupaya menenangkan massa. 1 Mobil pemadam kebakaran bertindak sebagai water canon didatangkan dan menyemprot air ke arah demonstran. Demonstran tetap menyerang personel TNI AU dengan melempar barang-barang yang ada disekitar mereka. Akhirnya pasukan PHH (pasukan anti huru hara) pengaman diturunkan untuk dan menghalau demonstran yang dianggap provokator. Kekuatan Hanlan ditambah dan juga turunkan anjing dari Satwan POM AU. Akhirnya Para demonstran dapat dibubarkan.

Baca juga:  PENDIDIKAN SUSPA IDIK ANGKATAN KE-1 DAN SUSBA IDIK ANGKATAN KE-13 DITUTUP

Menurut keterangan komandan anud Adisutjipto Marsma TNI Agus Munandar, SE yang didampingi oleh kepala Dinas Operasi, saat melihat latihan pengendalian Huru Hara menjelaskan ” latihan ini rutin dilaksanakan setiap setahun sekali dan kebetulan saat ini bertepatan dengan tahun pemilu 2014, Saya berharap latihan ini dapat meningkatkan keterampilan anggota dalam kesiapan mereka dalam bidang pengamanan.” harapnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel