Berita

PIA AG CAB. 19/D.I LANUD SUPADIO GELAR SOSIALISASI KDRT DAN KTA

Dibaca: 13 Oleh 26 Mei 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Bertempat di balai prajurit Lanud Supadio, PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio bekerjasama dengan Seksi Hukum Lanud Supadio mengadakan sosialisasi Undang-undang Republik Indonesia Nomor : 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Selasa (24/5).

Ketua PIA AG Cab. 19/D.I Lanud Supadio dalam sambutannya mengatakan sosialisasi yang diadakan saat ini berkaitan dengan telah berdirinya kantor Pusat Pelayanan Terpadu (PPT) Krisis Perempuan dan Anak (KDRT dan KTA) yang berada di samping Rumkit TK III Lanud Supadio, Kab. Kubu Raya. Hal ini tentunya berdampak positif sekali bagi kaum perempuan dan anak-anak karena apabila terjadi kekerasan dalam rumah tangga maupun kekerasan terhadap anak dapat segera melaporkannya.

Menurutnya kekerasan dalam rumah tangga yang dialami perempuan sebagian besar belum diketahui. Hal ini dikarenakan para perempuan tersebut masih enggan atau malu untuk melaporkannya. Disisi lain, para perempuan yang mengalami KDRT belum mengetahui harus berbuat apa dan melaporkannya kepada siapa. Oleh sebab itu dengan adanya kantor PPT KDRT dan KTA tentunya dapat membantu persoalan yang dialami perempuan atau anak yang mengalami kekerasan dalam rumah tangga.

Baca juga:  Antisipasi Penyebaran Covid-19, IOPC dan Kasau Cup 2020 Ditunda

Pada kesempatan yang sama Kepala Urusan Bantuan Hukum (Kaurbankum) Lanud Supadio Lettu Sus Riris Ganda Tua, S.H dalam paparannya mengatakan kekerasan dalam rumah tangga adalah setiap perbuatan terhadap perempuan yang berakibat kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman melakukan pemaksaan atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam rumah tangga.

Menurutnya lingkup rumah tangga antara lain : suami, isteri, anak, orang-orang karena hubungan darah yang menetap dalam rumah tangga dan orang-orang yang bekerja dan menetap dalam rumah tangga. Sedangkan penghapusan KDRT bertujuan mencegah kekerasan dalam rumah tangga, melindungi korban, menindak pelaku, memelihara keutuhan rumah tangga.

Turut hadir pada acara sosialisasi ini antara lain : Ketua PIA AG Ranting 01-19/D.I Skadron Udara 1 Ny. Tjahya Elang Migdiawan, Ketua PIA AG Ranting 02-19/D.I Staf Pangkalan TNI AU Supadio Ny. Bob Henry Panggabean, Ketua PIA AG Ranting 03-2/G. IV Batalyon 465 Paskhas Ny. Rana Nugraha, para pengurus dan anggota PIA AG yang ada di Lanud Supadio.

Baca juga:  128 Pelajar Sekolah Angkasa Halim Ikuti Babak Final AMSO 2020

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel