Berita

PIA AG Cab. 19/D.I. Lanud Supadio Periksa Pap Smear

Dibaca: 13 Oleh 21 Okt 2014Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Kesehatan reproduksi pada wanita sangat penting sekali dikarenakan penyakit yang berhubungan dengan organ intim ini cukup banyak menyerang kaum hawa. Salah satu penyakit yang sangat ditakuti oleh kaum hawa adalah penyakit kanker mulut rahim atau dalam bahasa medisnya kanker serviks. Penyakit ini dapat menyebabkan kematian dan tercatat jenis kanker nomor satu yang menyerang wanita. Untuk dapat mendeteksi kanker serviks diperlukan pemeriksaan pap smear.

Untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks maka PIA Ardhya Garin Cab. 19/D.I Lanud Supadio melaksanakan pemeriksaan pap smear bagi pengurus dan anggotanya. Tak kurang 43 orang mengikuti kegiatan ini yang dilaksanakan di Klinik Kampung Bali, Pontianak Kota, Kamis (16/10).

Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 19/D.I Lanud Supadio Ny. Tedi Rizalihadi mengungkapkan kegiatan pemeriksaan pap smear ini dalam rangka HUT Ke-58 PIA Ardhya Garini. Adapun tujuannya untuk mendeteksi sejak dini apabila ada gejala kanker serviks. Karena semakin cepat diketahui, semakin cepat pula penanganannya sehingga penyembuhannyapun dapat lebih awal.

Baca juga:  IDUL ADHA DI LANUD WIRIADINATA

”Banyak diantara ibu-ibu belum mengetahui tentang pentingnya pemeriksaan pap smear. Maka dari itu PIA akan selalu mensosialisasikan tentang pap smear kepada para anggotanya. Dengan demikian ibu-ibu akan mengetahui manfaatnya sehingga dengan penuh kesadaran memeriksaan organ reproduksinya,” tambah Ny. Tedi.

Pemeriksaan pap smear sangat sederhana dan tidak sakit, mudah dikerjakan dan hanya memerlukan waktu 10 menit. Pemeriksaan secara teratur dapat menyelamatkan jiwa jutaan wanita diseluruh dunia, khususnya kaum wanita di Indonesia dari kanker serviks.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel