Berita

PIA AG Lanud Merauke Adakan Ceramah Kesehatan dan Pemeriksaan Papsmear

Dibaca: 7 Oleh 07 Okt 2016Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Menyambut hari jadi PIA Ardhya Garini ke-60 tahun 2016, Pia AG. Cab.16/D.II Lanud Merauke menyelenggarakan ceramah kesehatan tentang Bahaya Kanker Serviks dengan metode Papsmear yang disampaikan oleh Letda Kes dr. Prima Agung bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Kab. Merauke yang dilaksanakan di Ruang serbaguna Lanud Merauke, Kamis (6/10).

Ketua PIA Ardhya Garini Cab 16/D.II Lanud Merauke Ny. Widyargo Ikoputra dalam sambutannya menyampaikan ceramah ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT PIA yang ke-60 tahun 2016.Sekalian sebagai wujud kepedulian yang tinggi akan kesehatan wanita khususnya mengenai kanker leher rahim, menurutnya semua wanita bisa berpotensi terkena penyakit tersebut.

Oleh karena itu betapa sangat pentingnya kesehatan bagi kita khususnya kaum perempuan.Karena kanker leher rahim merupakan salah satu kanker yang paling ditakuti oleh kaum perempuan,meskipun demikian kaum wanita tidak boleh takut karena yang terpenting adalah mengetahui gejala Kanker serviks sejak dini hal tersebut dibuktikan dengan kesadaran diri untuk melakukan pemeriksaan Papsmear secara rutin minimal 2 tahun sekali.Untuk itulah, melalui ceramah ini saya berharap agar ibu-ibu dapat mendengarkan,menyimak dan sekaligus mengambil manfaat dari materi yang akan disampaikan nanti.

Baca juga:  ITJENAU MELAKSANAKAN WASRIK DI LANUD SOEWONDO

Acara kemudian diisi dengan ceramah kesehatan yang membahas tentang penyakit kanker leher rahim yang disampaikan oleh Kauryankes Lanud Merauke. Dijelaskan gejala penyakit kanker leher rahim pada stadium dini atau pada tahap awal tidak menimbulkan gejala yang mudah diamati. Bagi yang sudah aktif secara seksual amat dianjurkan untuk melakukan deteksi dini. Untuk stadium lanjut ditandai dengan perdarahan sesudah senggama, perdarahan spontan antara periode haid (datang bulan), nyeri pinggul, nyeri ketika berhubungan seksual, dan keputihan yang berlebih serta tidak normal. Lebih lanjut dijelaskan pula mengenai organ-organ wanita di sekitar rahim, bagaimana penyakit dapat timbul dan cara-cara menjaga kebersihan organ wanita.

Diakhir ceramahnya dihimbau agar ibu-ibu PIA AG mulai melakukan cara sehat untuk menghindari kanker yaitu dengan mengurangi makanan/minuman yang mengandung Karsinogen tinggi, memperbanyak makanan-makanan yang mengandung anti oksidan, olahraga teratur, hindari rokok, alkohol, kosmetik yang berbahaya dan polusi, kurangi stres dan lakukan imunotherapy juga papsmear. Setelah ceramah kesehatan,dilanjutkan dengan sedikit sosialisasi tentang BPJS kesehatan dan selanjutnya penyerahan piagam penghargaan dan tali asih kepada Kakes Lanud Merauke dan Staf BPJS Kesehatan Cab Merauke dilanjutkan dengan foto bersama.Dalam acara tersebut turut hadir Ketua dan pengurus IKKT PWA Anak Ranting 004 Satrad 244 Merauke.

Baca juga:  Kunjungan Wasrik Itjen Mabes TNI Ke Lanud SIM

 

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel