Berita

Pia AG Lanud Supadio Tangkal Radikalisme, Terorisme Dan Narkoba

Dibaca: 7 Oleh 14 Feb 2017Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Pia Ardhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio yang diketuai Ny. Minggit Tribowo menggelar acara ceramah bahaya Radikalisme, Terorisme dan Narkoba di Graha Teddy Kustari, Selasa (14/2). Selaku narasumber dari Polda Kalbar AKBP Abdur Rosid, S.Ag., M.H dan IPDA Margana, S.H dan dari BNN Propinsi Kalbar ibu Isnawaty, S.Sos., M.Si (Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat).

Ketua PIA AG Cab. 19/D.I Lanud Supadio mengatakan paham radikalisme sekarang ini lagi menjadi trending topik baik di media cetak, elektronik maupun media sosial. Penyebaran paham radikalisme dari kelompok tertentu merupakan suatu kejahatan karena mereka bertujuan untuk menghancurkan bangsa Indonesia.

“Kelompok radikal juga sudah memiliki kemampuan untuk melakukan propaganda, perekrutan dan penghasutan dengan menggunakan media internet dan jejaring media elektronik. Untuk mengantisipasinya harus ada tindakan preventif melalui pendekatan sosial dan kearifan lokal serta penguatan nilai-nilai agama. Karena itu, peran aktif orang tua juga sangat dibutuhkan untuk menangkal paham radikalisme. Selain itu, tokoh agama dan tokoh masyarakat serta media massa menjadi elemen paling penting dalam mengantisipasi dan menangkal menyebarnya paham-paham radikal di masyarakat,” kata Ny. Minggit Tribowo.

Baca juga:  Lanud Supadio Gelar Aero Camp Tahun 2019

Menyinggung masalah bahaya Narkoba, Ketua PIA AG Lanud Supdio menuturkan bahaya penyalahgunaan narkoba juga sangat berbahaya bagi bangsa Indonesia. Narkoba sudah merambah dari usia belia hingga orang tua dan sudah merasuki ke segala bidang profesi. Hal ini tentunya dapat merusak masa depan keluarga dan bangsa. Daya rusaknya luar biasa. Merusak karakter manusia, merusak fisik, dan kesehatan masyarakat, serta dalam jangka panjang berpotensi besar mengganggu daya saing dan kemajuan bangsa.

“Dengan daya rusak seperti itu, kejahatan narkoba ini bisa digolongkan dalam kejahatan luar biasa dan serius. Terlebih lagi, kejahatan narkoba bersifat lintas negara dan terorganisasi, sehingga menjadi ancaman nyata yang membutuhkan penanganan serius dan mendesak,” jelas Ketua PIA AG Lanud Supadio.

Pada kesempatan yang sama AKBP Abdur Rosid, S.Ag., M.H menjelaskan pelaksanaan ceramah yang digelar oleh PIA Ardhya Garini Cabang 19/D.I Lanud Supadio sangat bermanfaat sekali, kami dari Polda Kalbar sangat mendukung pelaksanaan ceramah ini.

“Kita ketahui bersama keluarga adalah benteng terakhir dalam upaya pencegahan khususnya dalam paham radikalisme, terorisme dan bahaya narkoba. Karena kegiatan pengawasan struktural itu bisa dilakukan secara kelembagaan tetapi yang lebih utama adalah pengawasan dari dalam yaitu keluarga khususnya ibu-ibu yang paling dekat dengan anak-anak dan bapak-bapaknya. Hal ini juga menjadi benteng kekuatan optimal dalam upaya pengawasan munculnya isu-isu radikal yang saat ini lagi menonjol dan trend hingga menjadi keprihatinan kita semua,” kata Pamen yang menjabat Kasubdit 3 Dit Intelkam Polda Kalbar.

Baca juga:  Penandatanganan Pakta Integritas Rekrutmen Casis Tamtama PK Pria Gelombang I Tahun 2020 di Lanud Sjamsudin Noor

Selain dilaksanakan ceramah juga dilaksanakan arisan gabungan anggota PIA Ardhya Garini Cab. 19/D.I Lanud Suapdio. Kegiatan arisan ini mempunyai nilai positif bagi peningkatan tali silaturahmi diantara sesama pengurus dan anggota PIA Ardhya Garini di jajaran Lanud Supadio.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel