Berita

PIA AG Skatek 042 Budidaya Toga

Dibaca: 21 Oleh 18 Mei 2010Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Menjaga kesehatan keluarga merupakan langkah preventif yang harus terus diupayakan, utamanya bagi ibu-ibu yang mempunyai tugas mulia, yakni menjaga kesehatan keluarga yang menjadi tanggung jawabnya. Di sisi lain, sebagaimana diketahui masyarakat, bahwa kesehatan sangat mahal harganya. Hal ini terbukti bila anggota keluarga jatuh sakit dan harus dirawat inap di rumah sakit, maka biaya yang harus dikeluarkan tidaklah sedikit. Untuk itu sebagai penanggung jawab terwujudnya kesehatan keluarga, ibu-ibu harus mampu mencari jalan alternatif agar kesehatan keluarga tetap terwujud.

 

Sejalan dengan tuntutan kesehatan keluarga tersebut, Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 04-2/D II Skatek Lanud Iswahjudi, Ny. Elsa C. Eko Fibriyanto mengajak ibu-ibu istri anggota Skatek 042 untuk membudidayakan tanaman obat keluarga (toga) di lahan kosong yang berada di sekitar Kantor PIA Ardhya Garini Ranting 04-2/D II Skatek 042 Lanud Iswahjudi, Rabu (4/11).

 

Dari sekian banyak tanaman obat yang ada di bumi nusantara, sebanyak 34 jenis tanaman telah dibudidayakan oleh ibu-ibu PIA Ardhya Garini Ranting 04-2/D II Skatek 042, antara lain ; kumis kucing yang berguna untuk peluruh air seni dan kencing batu, Sambeloto untuk mengobati hepatitis, demam dan kencing manis, daun sirih sebagai antiseptik dan antimikroba, daun dewa berguna untuk anti radang, penghilang nyeri dan pembersih darah dan masih banyak lagi tanaman yang berkhasiat.

Baca juga:  Danlanud Sulaiman : Memberikan Penyegaran Jalannya Roda Organisasi

 

Ketua PIA Ardhya Garini Ranting 04-2/D II Skatek Lanud Iswahjudi, Ny. Elsa C. Eko Fibriyanto, mengatakan bahwa untuk mewujudkan prinsip kemandirian dalam layanan kesehatan keluarga, maka sangat baik bila ibu-ibu PIA membudidayakan tanaman obat keluarga (toga), karena dengan membudidayakan tanaman obat keluarga di lahan kosong, besar manfaatnya sebagai pengobatan alternatif bagi keluarga. Apabila upaya preventif terhadap kesehatan melalui tanaman obat ini dapat terwujud, maka sangat menguntungkan keluarga. Karena biaya kesehatan yang begitu besar bisa dimanfaatkan untuk keperluan yang lain atau ditabung.

 

Tanaman obat keluarga yang berada di lingkungan kantor PIA tersebut ditanam dan dirawat langsung oleh ibu-ibu Pia Ardhya Garini Ranting 04-2/D II Skatek 042 Lanud Iswahjudi. Melihat manfaatnya yang bergitu besar bagi kesehatan keluarga, maka Ibu-Ibu PIA sangat antusias untuk merawat tanaman-tanaman tersebut.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel