Berita

Pia Ardhia Gharini Ikut Sukseskan Program Pemerintah “GEMARIKAN”

Dibaca: 4 Oleh 07 Mar 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dilaksanakan oleh Ditjen P2HP Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan PIA Ardhya Garini, berlangsung di Gedung Balai Prajurit, Ardhyaloka Halim Perdanakusuma, (07/03).

Kementerian kelautan dan perikanan sebagai bagian dari instansi pemerintah yang menangani masalah pangan memiliki perhatian yang sangat tinggi untuk mewujudkan tercapainya Ketahanan Pangan Nasional khususnya Ketahanan Protein yang bersumber dari ikan. Hal tersebut karena pertama, ketahanan pangan merupakan bagian dari upaya pemenuhan hak atas pangan yang merupakan salah satu pilar utama hak azasi manusia, kedua merupakan pendukung terwujudnya ketahanan nasional dan ketiga menjadi modal pembentukan sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas, mandiri dan sejahtera, demikian cuplikan sambutan dari Bpk Saut Parulian Hutagalung, Dirjen Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Menurut Dirjen P2HP, dengan dilaksanakannya safari Gemarikan bersama PIA Ardhya Garini, diharapkan organisasi persatuan istri prajurit khususnya TNI AU dapat menjadi change agent peningkatan konsumsi ikan bagi anggota keluarga organisasi/lembaga terkait dan masyarakat dilingkungannya.

Baca juga:  Danlanud Iswahjudi dan Satuan Jajarannya Terima Tim Wasrikkap Itjenau

Lebih lanjut, Dirjen P2HP mengatakan bahwa sampai dengan tahun 2011, tingkat konsumsi ikan nasioanl baru mencapai 31,64 kg/kapita (angka sementara). Hal ini masih rendah apabila dibandingkan dengan tingkat konsumsi Negara lain seperti Jepang, Korea dan bahkan Malaysia. Pada tahun 2014, melalui peningkatan produksi ikan dan pemasaran hasil perikanan serta sosialisasi pentingnya mengkonsumsi ikan secara terus menerus diharapkan tingkat konsumsi ikan nasional dapat mencapai 38,00 kg/kapita.

Acara safari Gemarikan dihadiri oleh Bp Saut Parulian Hutagalung (Dirjen P2HP Kementerian Kelautan dan Perikanan), Wakil Ketua Umum Pia Ardhya Garini, Ibu Rina Dede Rusamsi, Pangkoopsau I Marsda TNI Sunaryo, Ketua Pia ardhya Garini Daerah I Koopsau I Ibu Sunaryo beserta pengurus. Selain itu murid-murid dari beberapa SD Angkasa turut meramaikan acara tersebut yaitu SD Angkasa 1, SD Angkasa 3, SD Angkasa 4, SD Angkasa 7, SD Angkasa 10, dan SD Angkasa 12.

Acara ini dimeriahkan dengan adanya Bazar Produk Perikanan, Ceramah manfaat makan ikan, Pemberian Makanan Tambahan I Anak Sekolah (PMTAS), Demo Pengolahan ikan.

Baca juga:  DANPUSPOMAU PIMPIN ACARA PENYUMPAHAN 77 ANGGOTA PENYIDIK

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel