Berita

Pia Ardhya Garini Cabang Lanud Husein Terima Sosialisasi Penyakit Lupus

Dibaca: 7 Oleh 04 Nov 2014Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Pertemuan rutin istri-istri anggota Lanud Husein Sastranegara yang tergabung dalam PIA Ardhya Garini Cabang 4/D.I Lanud Husein Sastranegara kali ini sedikit berbeda. Selain merupakan kegiatan rutin dalam pertemuan tersebut Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 4/D.I Lanud Husein Sastranegara Ny. Inana I Nyoman Trisantosa juga berkesempatan memberikan cinderamata kepada guru-guru yang telah 10 tahun lebih mengabdikan dirinya untuk mengajar di lingkungan Sekolah Angkasa yang berada di lingkungan Lanud Husein Sastranegara dan berada dibawah payung YASARINI.

Hal lain yang menarik dalam pertemuan tersebut adalah hadirnya Dian Syarif Pratomo sebagai Penyandang Lupus untuk memberikan sosialisasi sekaligus berbagi pengalaman tentang bahaya Penyakit Lupus.

Dalam sosialisasinya dijelaskan bahwa Lupus adalah penyakit autoimun yang biasa menyerang kaum wanita yang muncul ketika tubuh terkena zat asing tertentu, seperti bakteri dan virus, kemudian sistem imun tersebut juga menyerang jaringan tubuh yang sehat. Hal ini menyebabkan peradangan dan kerusakan berbagai bagian tubuh, antara lain sendi, kulit, ginjal, jantung, paru-paru, pembuluh darah dan otak. Dokter tidak mengetahui apa yang menyebabkan penyakit ini. Lupus seperti merupakan kombinasi faktor genetik dan lingkungan. Banyak dari mereka dengan kecenderungan turunan mengalami lupus hanyak ketika mereka terkena sesuatu di dalam lingkungan yang dapat memicu lupus, seperti obat atau virus.

Baca juga:  Mohon Keselamatan dan Kelancaran Tugas, Lanud Adisutjipto Gelar Doa Bersama

Lebih lanjut Dian juga menerangkan bahwa kasus lupus tidak sepenuhnya serupa. Tanda dan gejela yang terjadi dapat datang dengan tiba-tiba atau berkembang secara perlahan, dapat ringan atau parah, dan dapat bersifat sementara atau permanen. Banyak dari mereka dengan lupus memiliki karakteristik episodik dengan tanda dan gejala yang memburuk untuk sementara waktu kemudian membaik atau bahkan hilang untuk satu waktu. 

Tanda dan gejala lupus yang anda alami didasarkan pada sistem tubuh bagian mana yang terkena efek penyakit ini. Tapi secara umum, tanda dan gejala lupus antara lain: Lelah, Demam, Hilang berat badan atau berat badan meningkat, Ruam yang berbentuk seperti kupu-kupu pada wajah yang menutupi pipi dan hidung, Luka pada kulit yang timbul atau parah ketika terkena sinar matahari, Radang pada mulut, Rambut rontok, Jari dan kuku yang memutih atau membiru ketika terkena dingin atau saat stress (Raynaud’s phenomenon), Napas pendek, Nyeri pada dada, Mata kering, Mudah memar, Gelisah, Depresi, Hilang ingatan

Baca juga:  PIA AG Lanud SIM Latihan Wood Ball

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel