Berita

PIA Ardhya Garini Lanud Adisutjipto ikuti ceramah parenting

Dibaca: 5 Oleh 26 Feb 2014Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Sebanyak 250 anggota PIA Lanud Adisutjipto, Perwakilan Wara, dan PNS Rabu (26/2) mengikuti acara pertemuan rutin PIA Ardhya Garini Lanud Adisutjipto. Kegiatan ini diisi dengan ceramah parenting dan psikologi di Gedung Wisma Adisutjipto Lanud Adisutjipto. Ceramah tentang bagaimana bersahabat dengan anak remaja disampaikan oleh Ibu Sylvi Dewajani ,dosen dari fakultas Psikologi UGM dan pendiri Spring Up Education Consulant. 

Dalam ceramahnya Sylvi menjelaskan bahwa masa remaja adalah masa yang penuh turbulensi dan terdapat perubahan drastis dari aspek fisik, kognitif, emosi dan bahkan orientasi sosial. Masa remaja antara usia 11-20 tahun sering dianggap sebagai masa penemuan jati diri karena selain hormon yang dihasilkan luar biasa, secara psikologis, ego (keakuan) yang ada pada diri remaja juga menguasai sebagian besar pemikirannya. 

Menurut penceramah permasalahan umum yang terjadi pada pola pengasuhan orang tua terhadap remaja adalah “tetap sama semenjak kanak-kanak sampai dewasa”. Orang tua seharusnya melakukan adaptasi di dalam strategi untuk mengembangkan pola asuh anak. Mereka harus bisa membantu remaja dalam menghadapi permasalahan hidup, namun disaat yang sama juga harus dapat meminimalisir keterlibatan orang tua dan memberi ruang bagi remaja untuk belajar mandiri. 

Baca juga:  Yonko 468 Paskhas Latihan Dril Teknis Rappelling

Sylvi juga menambahkan pada intinya untuk menjadi sahabat tempat curhat yang sebenarnya orang tua perlu memulai dengan “mendengar” kemudian memahami dan berbicara. Menahan diri saat anak melakukan sesuatu yang kurang sesuai dengan nilai hidup, bukan membiarkan namun dibetulkan sambil menyelami kondisi anak, pungkasnya. 

Ketua PIA AG Cab II/ Gab 2 Lanud Adisutjipto menyampaikan Acara Pertemuan Rutin Pia AG kali ini merupakan ajang silaturahmi untuk merekatkan para anggota dan menambah pengetahuan anggota PIA AG. Selain diisi dengan hasil laporan kunjungan kerja ke kantor kantor ranting di lingkungan Lanud Adisutjipto juga ada materi ceramah dari asuransi Bumiputera. 

Hadir dalam ceramah parenting tersebut Komandan Lanud Adisutjipto Marsma TNI Agus Munandar, SE selaku penasehat PIA AG Lanud Adisutjipto, Ketua PIA AG Lanud Adisutjipto Ny Agus Munandar, Ibu-ibu Pejabat PIA dan Yasarini serta para pengurus. Dalam kesempatan yang sama juga diberikan santunan kepada 3 keluarga anggota TNI AU aktif yang meninggal dunia diantaranya Koptu Dodo Purwanto, Sertu Bonandhi dan Peltu Wagiman.

Baca juga:  Seminar Nasional Cyber Warfare Kasau: TNI AU Harus Berperan Aktif Hadapi Kejahatan Siber

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel