Berita

PIA Ardhya Garini Lanud Halim Perdanakusuma Mengenal Dunia Berkebun

Dibaca: 37 Oleh 23 Apr 2015Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Ketua Cabang PIA Ardhya Garini Lanud Halim Perdanakusuma Nyonya Sri Pulung memelopori anggota PIA Ardhya Garini Lanud Halim Perdanakusuma untuk mengenal dunia berkebun dengan berkunjung ke area Agro 80, Selasa (21/4). Pengenalan berkebun dikemas dalam acara silaturahmi segenap anggota PIA Ardhya Garini Lanud Halim Perdanakusuma yang meliputi anggota PIA Ardhya Garini ranting kedinasan, pemukiman, Pos KB Kes Terpadu, perwakilan Wara dan PNS. 

Dalam sambutannya Ketua Cabang PIA Ardhya Garini Lanud Halim Perdanakusuma Nyonya Sri Pulung menyampaikan perkembangan teknologi telah mempengaruhi pola budidaya tanaman pangan. Hal ini ditandai dengan adanya pupuk kimia untuk aneka budidaya tanaman pangan . Oleh karena itu, Agro 80 Lanud Halim Perdanakusuma berupaya membudidayakan tanaman pangan organik, hidroponik juga peternakan hewan secara alami guna memenuhi bahan pangan sehat bagi warga Lanud Halim Perdanakusuma dan sekitarnya. Menurut Nyonya Sri Pulung banyak manfaat yang diperoleh dengan berkebun seperti menghilangkan stress, menghilangkan resiko serangan jantung dan stroke, rehabilitasi pasien stroke, kesehatan otak, kekebalan tubuh, kesehatan mental dan lainnya. “Untuk itu, mari kita mulai kegiatan berkebun di rumah secara hidroponik guna memenuhi kebutuhan keluarga,” ujar Nyonya Sri Pulung. 

Baca juga:  5 SISWA PSDP MATRA UDARA BERKUNJUNG KE LANUD IWJ

Sementara itu, Direktur Operasional Agro 80 Yaya Sunarya menyampaikan di Agro 80 terdapat dua pola budidaya tanaman yaitu secara hidroponik dan organik. Beberapa sayuran yang dibudidayakan secara hidroponik antara lain bayem, kangkung, pokhcoy, caisim, cabe, kedelai edamame dan lainnya. Tanaman tersebut ada yang di budidayakan dalam green house dan lahan tanpa green house sesuai karakter tanaman guna menjamin kualitas produksinya. Di Agro 80 dibudidayakan juga beberapa hewan produktif seperti lele,sapi perah dan jangkrik. Sementara itu, Aan Cahya Sumarna supervisor Agro 80 menjelaskan teknik produksi berbagai budidaya tanaman sayuran yang dilakukan di Agro 80 Lanud Halim Perdanakusuma. 

Pengenalan dunia berkebun bagi anggota PIA Ardhya Garini Cabang Lanud Halim Perdanakusuma diikuti sekitar 100 personel. Rangkaian acara meliputi sambutan Ketua Cabang PIA Ardhya Garini Lanud Halim Perdanakusuma dan penjelasan dari Agro 80, melihat area Agro 80 serta lokasi Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Halim Perdanakusuma, yang merupakan pengolah kompos dan biogas.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel