Berita

Pia Ardhya Garini Lanud Ngurah Rai : Cegah Kangker Serviks Sejak Dini

Dibaca: 2 Oleh 15 Sep 2016Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Kanker serviks atau kanker leher rahim (sering juga disebut kanker mulut rahim) merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak terjadi bagi kaum wanita. Setiap satu jam, satu wanita meninggal di Indonesia karena kanker serviks atau kanker leher rahim ini. Untuk mendeteksi sejak dini Pemeriksaan Pap Smear juga adalah salah satu cara di bidang kesehatan untuk mendeteksi kanker leher rahim secara dini. Sehingga hal ini masuk juga dalam hal pencegahan dini.

Untuk mendeteksi dini penyakit kanker serviks maka PIA Ardhya Garini Cab. 5/D.II Lanud Ngurah Rai melaksanakan pemeriksaan pap smear bagi pengurus dan anggotanya. Tak kurang 20 orang mengikuti kegiatan ini yang dilaksanakan di Poliklinik Lanud Ngurah Rai Rabu (14/9).

Ketua PIA Ardhya Garini Cab. 5/D.II Lanud Ngurah Rai Ny. Danet Hendriyanto mengatakan kegiatan pemeriksaan pap smear ini rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali kegiatan ini juga dalam rangka HUT Ke-60 PIA Ardhya Garini.

Tujuan dari pemeriksaan ini untuk mendeteksi sejak dini apabila ada gejala kanker serviks. Karena semakin cepat diketahui, semakin cepat pula penanganannya sehingga penyembuhannyapun dapat lebih awal.

Baca juga:  Tes Kesamaptaan Jasmani Akhir Pasis Sekkau A-107

”Banyak diantara ibu-ibu belum mengetahui tentang pentingnya pemeriksaan pap smear. Untuk itu PIA akan selalu mensosialisasikan tentang pap smear kepada para anggotanya. Sehingga ibu-ibu akan mengetahui manfaatnya dengan penuh kesadaran memeriksaan organ reproduksinya,” ujar Ny. Danet.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel