Berita

PIA Lanud Ngurah Rai Adakan Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Leher Rahim

Dibaca: 9 Oleh 08 Okt 2015Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Ketua PIA Ardhya Garini Cab 5 D/II Lanud Ngurah Rai Ny. Esti Danet Hendriyanto, Wara dan PNS serta para pengurus dan seluruh anggota PIA Lanud Ngurah Rai, hadir pada acara ceramah kesehatan sosialisasi tentang bahaya kanker serviks dan payudara oleh dr. Surya Kumara Spog, dari Siloam Hospital, sekaligus dilanjutkan acara pertemuan rutin PIA Ardhya Garini Cab 5 D/II Lanud Ngurah Rai Kamis, (8/10) bertempat di Gedung serba guna Lanud, acara ini dilaksanakan pada pukul 16.00 Wita.

Pada kesempatan tersebut Ketua PIA Ardhya Garini Cab 5 D/II Lanud Ngurah Rai Ny. Esti Danet Hendriyanto mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada dr. Made Surya Kumara Sp.OG, beserta para pendukung dari Siloam Hospital yang telah berkenan hadir untuk memberikan pembekalan ilmu tentang kesehatan Kanker Serviks dan Payudara. “Semoga pengetahuan dan wawasan yang Ibu berikan nantinya dapat bermanfaat bagi kami semua, sehingga kami lebih mampu untuk meningkatkan pola hidup sehat yang benar utamanya dalam menjaga kesehatan rahim”, ungkap Ny. Danet.

Baca juga:  Mahasiswa Institut Kosgoro mendapatkan Layanan Vaksin dari Tim Vacinator Kodiklatau

Untuk itu Ny. Danet mengharapkan kepada seluruh Ibu-ibu yang hadir dalam acara tersebut dapat menyimak dengan baik serta menjadikan ini ilmu pengetahuan bagi ibu-ibu dalam kehidupan sehari-hari.

Menurut Dr. Made Surya Kumara.Sp.Og., Kanker serviks atau yang disebut juga sebagai kanker mulut rahim merupakan salah satu penyakit kanker yang paling banyak ditakuti kaum wanita. Berdasarkan data yang ada, dari sekian banyak penderita kanker di Indonesia, penderita kanker serviks mencapai sepertiga nya. Kanker serviks menyerang pada bagian organ reproduksi kaum wanita, tepatnya di daerah leher rahim atau pintu masuk ke daerah rahim yaitu bagian yang sempit di bagian bawah antara kemaluan wanita dan rahim.

Lebih lanjut pada ceramahnya dr. Made Surya Kumara.Sp.OG juga membahas mengenai penyebab kanker seviks, ciri-ciri perempuan menderita kanker serviks serta beberapa hal yang dapat dilakukan kaum perempuan dalam hal mencegah kanker serviks, antara lain: pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan yang cukup nutrisi dan bergizi, Selalu menjaga kesehatan tubuh dan sanitasi lingkungan, Hindari pembersihan bagian genital dengan air yang kotor, hentikan kebiasaan merokok, selalu setia kepada pasangan anda, jangan bergonta-ganti apalagi diikuti dengan hubungan intim ,lakukan pemeriksaan pap smear minimal lakukan selama 2 tahun sekali khususnya bagi yang telah aktif melakukan hubungan intim, tegasnya.

Baca juga:  SMAN 2 MARTAPURA SUMSEL, “BELAJAR” DI AAU

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel