Berita

PIA Lanud Padang Gelar Sosialisai Deteksi Dini Kanker Serviks

Dibaca: 5 Oleh 21 Okt 2014Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

PIA Lanud Padang Gelar Sosialisai Deteksi Dini Kanker Serviks

PIA Ardhya Garini cabang 14/DI Lanud Padang mengelar sosialisasi deteksi dini kanker serviks bertempat di aula PIA Ardhya Garini Lanud Padang, belum lama ini. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian agenda dalam rangka HUT Pia Ardya Garini ke-58 tahun 2014 yang di hadiri seluruh Anggota Pia Ardya Garini Lanud Padang, Wara, PNS dan sejumlah perwakilan guru sekolah Angkasa. 

Kanker serviks atau kanker mulut rahim merupakan jenis kanker terbanyak kedua, setelah kanker payudara, yang diderita wanita Indonesia. Kanker yang terjadi pada mulut rahim atau serviks ini berkembang selama puluhan tahun dan selama itu tak menimbulkan gejala. Menurut Ny. Asri M. Apon Ketua Pia Ardya Garini cabang 14/DI Lanud Padang mengatakan, kegiatan sosialisasi deteksi dini kanker serviks yang di lakukan pada hari ini bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan tetang kesehatan bagi anggota Pia Lanud Padang. Diharapkan dengan adanya penjelasan dari para dokter ahli di badang kanker kita dapat mengenali sejak dini gejala kanker serviks yang selalu mengintai wanita Indonesia tuturnya. Sementara itu Letda Kes dr. Inggrit Perwira Kesehatan Lanud Padang menambahkan, di dunia diperkirakan setiap dua menit seorang wanita meninggal karena kanker serviks, sedangkan di Indonesia setiap satu jam wanita meninggal akibat penyakit ini. Meski demikian, pengetahuan masyarakat akan kanker ini masih rendah sehingga kanker ini ditemukan pada stadium lanjut tambahnya. 

Baca juga:  Shalat Idul Fitri 1436 H Di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar

Vaksinasi idealnya dilakukan sejak usia remaja. Di beberapa negara maju, vaksinasi HPV diberikan pada remaja berusia 10 tahun. “Semakin muda usia mendapatkan vaksin, tingkat perlindungannya mencapai 98 persen. Cara lain untuk menurunkan risiko penularan HPV adalah menghindari berganti-ganti pasangan, menggunakan kondom, serta menjaga kesehatan agar sistem kekebalan tubuh selalu prima. Meski demikian, WHO merekomendasikan vaksinasi sebagai pencegahan primer terhadap kanker ini. 

Tampak pada gambar: Ny. Asri Apon Ketua Pia Ardhya Garini cabang 14/DI Lanud Padang (duduk no 2 dari kiri) bersama pengurus dan anggota lainya sedang mengikuti sosialisasi deteksi dini kanker serviks dari perwira kesehatan bertempat di aula Pia Ardhya Garini Lanud Padang Sumatera-Barat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel