Berita

PIA Lanud Padang Gelar Sosialisasi Pap Smear Deteksi Dini Kanker Serviks

Dibaca: 11 Oleh 21 Okt 2014Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 
PIA Lanud Padang Gelar Sosialisasi Pap Smear Deteksi Dini Kanker Serviks
Ketua Pia Ardya Garini cabang 14/DI Lanud Padang Ny. Asri Muhammad Apon diabadikan gambarnya saat menggelar sosialisasi Deteksi dini Kanker Serviks memperkenalkan metode Pap Smear dalam rangka HUT Pia Ardhya Garini ke-58 di ruang rapat crew room Lanud Padang Sumatera-Barat, Senin (20/10).

Ketua Pia Ardhya Garini cabang 14/DI Lanud Padang Ny. Asri Muhammad Apon  menggelar sosialisasi Deteksi dini Kanker Serviks memperkenalkan metode Pap Smear bertempat di ruang rapat crew room Lanud Padang Sumatera-Barat, Senin (20/10). Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda peringatan HUT Pia Ardya Garini ke-58 di Lanud Padang tahun 2014.

Menurut Ny. Asri M.Apon mengatakan kegiatan sosialisasi Deteksi dini Kanker Serviksdengan  memperkenalkan metode Pap Smear yang dilakukan pada hari ini adalah bertujuan untuk mendeteksi sejak dini kanker serviks yang merupakan ancaman mematikan bagi kaun wanita Indonesia.

Kita harapkan dengan adanya penjelasan dari dokter ahlinya kita dapat menambah pengetahuan dan wawasan kesehatan batapa pentingya menjaga dan mengenali gejala penyakit ini agar kita terbebas ancaman maut kanker serviks jelasnya. Sementara itu dr Wilma sebagai narasumber dari Rumah Sakit Intra Medika menambahkan, Apanikolaou test atau pap smear adalah metode screening ginekologi merupakan pemeriksaan leher rahim (serviks) menggunakan alat yang dinamakan speculum dan dilakukan oleh bidan ataupun ahli kandungan.

Baca juga:  PASIS SEKKAU A-96 LAKSANAKAN OUTBOND

Pemeriksaan ini untuk mengetahui adanya HPV ataupun sel karsinoma penyebab Kanker Leher Rahim.  “Pap smear penting pada semua perempuan yang sudah pernah melakukan hubungan seksual!” ucapnya. Dikatakan lebih lanjut Pap smear atau tes Pap adalah pemeriksaan dengan mengambil contoh sel-sel leher rahim, kemudian dianalisa untuk mendeteksi dini kanker leher rahim. 

Selain itu, dengan tes ini kita juga bisa menemukan adanya infeksi atau sel-sel yang abnormal yang dapat berubah menjadi sel kanker sehingga kita bisa segera melakukan tindakan pencegahan. Pap smear dianjurkan dilakukan oleh setiap wanita, terutama mereka yang telah berkeluarga dan sudah pernah melahirkan.

Jika Anda melakukannya secara rutin, maka Anda telah melakukan tindakan pencegahan kanker leher rahim yang terbaik pungkasnya. Hadir dalam kegitan ini sejumlah pengurus Pia Ardhya Garini Lanud Padang, Pns , para anggota dan Wara Lanud Padang 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel