Berita

PIA LANUD PADANG KUNJUNGI OBYEK BERSEJARAH DI RANAH MINANG

Dibaca: 26 Oleh 29 Feb 2012Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Pia Ardhya Garini Cabang 14/DI Lanud Padang mengadakan kunjungan ke tempat-tempat yang bernilai bersejarah di Propinsi Sumatera Barat. Tempat bersejarah yang di kunjungi antara lain Musium Bung Hatta, BentengFort Dekok, Lembah Ngarai Sianok/Goa Jepang, Jam Gadang Bukit Tinggi, Istana Pagaruyung dan beberapa tempat sejarah lainya, Selasa (28/2).

Menurut Ketua Pia Ardhya Garini Cabang 14/DI Lanud Padang Ny dr Laillatul Ni’mah Fairlyanto mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuankita tentang perjalanan sejarah bangsa yang dimiliki olehSumatera Barat. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya. Demikian besar dan beragam warisan sejarah yang kita miliki sungguh luar biasa ujarnya.

Tempat bersejarah yang paling favorit di kunjungi oleh rombongan Pia Lanud Padang adalah Jam Gadang, ditempat ini terdapat bangunan menara yang tinggi menjulang dengan megahnya, beratapkan khas Minangkabau, terletak di tengah kota Bukittinggi. Jam Gadang menjadi landmark dan lambang kota Bukittinggi, dibangun di atas bukit yang bernama Bukit Kandang Kerbau pada jaman Pemerintahan Belanda tahun 1827 oleh Contraleur (Sekretaris Kota) Rook Maker. Dari puncak menara kita dapat menikmati dan menyaksikan betapa indahnya Panorama alam disekitar kota Bukittinggi yang dikelilingi Gunung Merapi, Gunung Singgalang, Gunung Sago dan Ngarai Sianok. Selain itu, Selain itu Jam Gadang juga berguna sebagai penuntun bagi masyarakat sekitar untuk mengetahui waktu. Yang menjadi keunikan pada Jam Gadang adalah terdapat angka 4 yang tertulis IIII.

Baca juga:  DELEGASI RTAF KUNJUNGI DEPOHAR 10

Dari Jam Gadang para rombongan melanjutkan perjalanan mengunjungi Benten Fort Dekok. Benteng ini dibangun berlokasi berada didalam kota Bukittinggi pada tahun 1825, pada jaman itu terjadi perlawanan rakyat yang dipimpin oleh Tuanku Imam Bonjol dan Harimau Nan Salapan terhadap Belanda.

Disekitar Benteng ini dapat kita lihat meriam kuno yang di buat padaabad XIX Masehi. Tempat yang luas ini telah dihiasi dengan taman, dari tempat ini anda dapat menyaksikan, Ngarai Sianok dan perbukitan sekitarnya. DilokasiIni menjadi salah satu tempat terbaik di Bukittinggi untuk menyaksikan sunset.

Usai mengunjungi tempat-tempat bersejarah para rombongan mengakhiri kunjanganya di tempat kerajinan kain tenun pandai sikek Kabupaten Agam Sumatera-Barat.

Tampak pada gambar: Rombongan pengurus Pia Ardhya Garini cabang 14 D/I Lanud Padang saat mengunjungi salah satu tempat bersejarah di Sumatera Barat yaitu Rumah adat Banjuang Istana Pagaruyung Batu Sangkar Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel