Berita

Pilot Pesawat Hawk 209 Lakukan Eject

Oleh 21 Feb 2019 Februari 25th, 2019 Tidak ada komentar
Pilot Pesawat Hawk 209 Lakukan Eject
#TNIAU 

TNI AU. Latihan Survival Lancang kuning-19 menguji ketahanan dan ketangkasan. Para pilot dan teknisi  baik dari Skadron Udara 12, Skadron Udara 16, Skadron Teknik 045 dan staf Lanud Rsn di wilayah Danau Buatan Rumbai, Pekanbaru, Rabu (20/2).

Komandan Lanud Rsn Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T.,M.M., berpesan kepada seluruh peserta survival agar kegiatan ini dilaksanakan dengan baik dan ikuti prosedur pelatih agar keselamatan dan keamanan tetap terpelihara, saya berharap jadikan latihan ini untuk menguji ketangkasan dan keahlian sebagai seorang prajurit penerbang dan teknisi maupun pendukung.

Selanjutnya Komandan Wing 6 Lanud Rsn, Kolonel Pnb M. Arwani selaku Direktur Latihan menyampaikan bahwa, skenario latihan  pada operasi udara terjadi keadaan darurat akibat tertembaknya sayap pesawat Hawk 209 waktu melaksanakan patroli udara  bersenjata di area buatan yang disinyalir telah diduduki oleh kekuatan darat musuh.

Pilot laksanakan eject dan jatuh di lokasi musuh, sedangkan pesawat tempur lainnya mencoba membombardir daerah musuh, namun harus kembali  ke home base karena kehabisan fuel.
Kemudian  crew pesawat yang eject tersebut menyelamatkan diri, melarikan diri dan bertahan hidup hingga mendapat bantuan.

Selanjutnya Komandan Wng 6 Lanud Rsn mengatakan bahwa, para survivor atau crew tersebut akan mengimplementasikan teori SERE, yaitu survive untuk bertahan hidup, evasion untuk menghindari penangkapan musuh, resistance untuk daya tahan tubuh, dan escape untuk meloloskan diri.

Skenario latihan mirip seperti kondisi sesungguhnya ketika operasi pertempuran.

Di hutan, para air crew harus melewati berbagai rintangan yang dibuat musuh. Sementara itu, untuk makan, para prajurit ini harus memanfaatkan alam untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel