Berita

PLLU Dituntut Kecepatan Dalam Mengatur Lalu Lintas Udara

Dibaca: 15 Oleh 26 Jan 2022Tidak ada komentar
IMG 20220126 WA0070
#TNIAU 

TNI AU. “Dalam menjalankan tugasnya, personel PLLU dituntut ketelitian, kecermatan dan kecepatan serta ketepatan dalam mengatur dan memberikan informasi lalu lintas pesawat terbang pada saat take off dan landing, sehingga dalam pelaksanaan operasi penerbangan militer maupun sipil dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman”

Demikian jelas Komandan Wing Pendidikan Umum Kolonel Sus Peni Saptaning Putri, S.H., M.H., dalam sambutannya yang diwakili oleh Danskadik 503 Letkol Adm Rudy Longdong saat Penutupan Pendidikan Sejurba PLLU A-33 dan Sejursarta PLLU A-18. Pelaksanaan kegiatan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Bogor. Rabu (26/1/22).

Kita ketahui bersama, bahwa peranan penting seorang pengatur lalu lintas udara (PLLU) atau Air Traffic Controller (ATC) adalah salah satu bagian di dunia penerbangan. Suatu profesi yang memberikan layanan terhadap lalu lintas penerbangan pesawat udara yang telah ditentukan jalur penerbangan (Airways) dan sama sekali tidak diperkenankan menyimpang dari jalur penerbangan,  baik penerbangan militer maupun sipil, paparnya.
 
Air Traffic Controller  juga membantu para penerbang dalam memberikan informasi yang dibutuhkan selama penerbangan, seperti  informasi cuaca, navigasi penerbangan, dan informasi lalu lintas udara, demi mencapai tujuan pada keselamatan penerbangan.
 
Selanjutnya, perlu diperhatikan yang disyaratkan International Civil Aviation Organization (ICAO), untuk bahasa standar selama mengatur lalu lintas udara, adalah menggunakan bahasa Inggris (English language) untuk menghindari kesalahpahaman dalam berkomunikasi.
Untuk itu, berbekal pengetahuan dan keterampilan dasar yang telah diperoleh selama mengikuti pendidikan ini, para lulusan diharapkan mampu melaksanakan tugas sesuai dengan profesi yang dimiliki, tambahnya  
 
Sebelum mengakhiri sambutan ini, saya ucapkan selamat kepada seluruh siswa lulusan PLLU, ucapan selamat juga saya tujukan kepada Serda Ibnu Khoerul Muarif lulusan siswa Sejurba PLLU Angkatan Ke-33 dan Prada Rahmad Dwi Rizky lulusan siswa Sejursarta PLLU Angkatan Ke-18, yang telah berhasil  memperoleh  predikat sebagai siswa  terbaik, terangnya.

Baca juga:  Lanud Pattimura Sosialisasikan Sekolah Unggulan SMA Pradita Dirgantara

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel