Berita

PNS Akademi Angkatan Udara Resmi Gunakan Pakaian Batik Setiap Hari Jumat

Dibaca: 117 Oleh 15 Feb 2016Tidak ada komentar
c130 hercules indonesian air force approaching
#TNIAU 

Jumat 12 Februari 2016, seluruh Pegawai Negeri Sipil Akademi Angkatan Udara resmi menggunakan pakaian Batik. Ketentuan menggunakan pakaian Batik bagi PNS di lingkungan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2012. Pada Permenhan RI tersebut khususnya Pasal 9 Bab II tertulis bahwa penggunaan Pakaian Batik di lingkungan Kemhan digunakan pada setiap hari Jumat.

Batik adalah identitas bangsa Indonesia dan batik dipercaya telah menjadi bagian penting bagi setiap orang di Indonesia. Pemerintah telah menetapkan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional melalui Keputusan Presiden RI Nomor 33 Tahun 2009. Upaya pemerintah tersebut adalah untuk lebih memperkenalkan produk asli Indonesia ini kepada dunia internasional, mempertegas bahwa batik sebenarnya adalah milik bangsa Indonesia, sekaligus menjadi alat yang dapat digunakan sebagai sarana promosi industri pariwisata di Indonesia. Sejarah ditetapkannya tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional adalah karena pada tanggal tersebut Tahun 2009 United Nations Educational, Scientific, and Culture Organization (UNESCO) memberikan pengakuan dan mengesahkan secara resmi bahwa Batik Indonesia sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage). Salah satu alasan UNESCO menjadikan Batik sebagai warisan budaya dunia adalah karena Batik memiliki nilai seni yang tinggi dan keberadaan Batik yang telah ada di Indonesia bahkan sejak ratusan tahun lalu. Memperingati Hari Batik Nasional ini tidak hanya cukup dengan kita mengenakan batik selama satu hari penuh. Peringatan Hari Batik sebaiknya dapat menjadi momen untuk mengingatkan kembali bagi bangsa ini untuk terus menjaga dan melestarikan batik sebagai Warisan Budaya Dunia.

Baca juga:  AMILY GATHERING DAN PERESMIAN TULISAN “EL TARI AIR FORCE BASE”

Instruksi agar PNS di lingkungan Kemenhan termasuk PNS di lingkungan TNI untuk menggunakan pakaian Batik setiap hari Jumat, adalah merupakan salah satu wujud kepedulian dan kecintaan TNI terhadap Warisan Budaya Dunia tersebut dan bertanggungjawab untuk melestarikannya. “Kami PNS AAU bangga menggunakan Batik”.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel