Berita

PNS Makoopsau I Ikuti Kegiatan Psikologi Lapangan

Dibaca: 11 Oleh 21 Sep 2012Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Sebanyak kurang lebih 60 Personel PNS dilingkungan Makoopsau I mengikuti Kegiatan Psikologi Lapangan, Kegiatan yang berlangsung setelah apel pagi ini dilaksanakan di Lapangan Bola Koopsau I, (21/09). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja Bintal Koopsau I yang pelaksanaannya dibawah asuhan Pabandapsi Kapten Kes Dulgani.

 

Psikologi Lapangan yang melibatkan seluruh Personel PNS ini dalam pelaksanaanya dimainkan dalam bentuk Games / Permainan. Dalam pesannya yang disampaikan oleh Pabandapsi didepan para peserta disampaikan bahwa Tujuan dilaksanakannya Psikologi Lapangan tersebut adalah: Agar terangsang dan memunculkan proses komunikasi efektif dalam kelompok, Merangsang kepekaan peserta akan pentignya suatu tim kerja yang baik, Menggugah kesadaran akan cara kerja efektif dalam kelompok serta memberikan gambaran utuh atas serangkaian kegiatan atau tugas yang akan dilaksanakan.

 

Suasana mulai mencair dengan dihadirkannya permainan-permainan yang mengundang tawa para peserta, namun permainan tersebut bukanlah permainan yang sengaja diciptakan untuk hiburan semata melainkan untuk menumbuhkan sikap kerja sama dan menciptakan kebersamaan antar sesama.

 

Baca juga:  Komandan Lanud Iwj Silaturahmi ke Bupati Magetan

Dalam Psikologi Lapangan ini panitia juga melakukan penilaian kepada para peserta yang terbentuk menjadi beberapa kelompok. Penilaian yang dilakukan berupa sikap individu maupun kelompok para peserta seperti Sikap Empati yaitu; Sikap kepekaan terhadap kebutuhan dan perasaan orang lain, Sikap Kreatifitas yaitu; kemampuan untuk menciptakan konsep-konsep baru, Sikap Inisiatif yaitu; kesediaan untuk mengerjakan sesuatau lebih dari yang diwajibkan, Sikap Kerjasama yaitu; menjalin hubungan tim yang baik serta peka terhadap lingkungan sekitar dan yang terakhir adalah Komunikasi yaitu kemampuan untuk mengekspresikan diri dihadapan orang lain atau dalam situasi kelompok.

 

Dari kegiatan tersebut diharapkan seluruh peserta mendapatkan pemahaman tentang komunikasi, kordinasi, kepekaan social, kerjasama, dan aspek-aspek psikologi lainnya yang dapat diaplikasikan dalam pelaksanaan tugas keseharian khususnya dilingkungan Koopsau I.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel