Berita

Pokja Juknis Pembinaan Keselamatan Terbang dibuka Komandan Lanud Adisutjipto

Dibaca: 34 Oleh 10 Okt 2014Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Lanud Adisutjipto ditunjuk sebagai tuan rumah dalam pembahasan Kelompok Kerja (Pokja) Penyusunan Petunjuk Teknis (Juknis) tentang Pembinaan Keselamatan Terbang dan Penyelidikan Kecelakaan Pesawat Udara dan Keselamatan Kerja yang diselenggarakan di Ruang Rapat Lanud Adisutjipto, Kamis (9/10). Saya ingin menggarisbawahi bahwa keselamatan terbang dan kerja telah menjadi komitmen kita bersama. Dengan keselamatan terbang dan kerja, resiko kerugian baik di bidang peralatan, personel serta biaya dapat diminimalisir demikian sambutan Komandan Lanud Adi saat membuka pokja sekaligus sebagai narasumber.

“Keberadaan tim pokja kali ini saya anggap sangat tepat guna memberikan kepastian hukum bagi para pelaksana di lapangan. Hal ini sejalan dengan kebijaksanaan pucuk pimpinan TNI AU yang selalu menekankan budaya safety guna mewujudkan zero accident”, tambahnya.

Lebih lanjut Kalambangja Kodikau Kolonel Pnb Ir. Purwoko Aji selaku narasumber menambahkan terkait dengan Pembinaan Keselamatan Terbang dan Penyelidikan Kecelakaan Pesawat Udara dan Keselamatan Kerja, kita menyadari bahwa aturan atau perangkat lunak yang mewadahi semua aturan SOP (Standar Operasional Prosedur) tidak berbanding lurus dengan kenyataan di lapangan. Komitmen untuk menuju road to zero accident tidak pernah akan terwujud tanpa kepedulian kita untuk secara bersama-sama membangun budaya safety di semua lini organisasi. Kunci sukses untuk menuju kondisi yang kita harapkan tersebut sangat tergantung pada tingkat kepedulian dan kepekaan setiap personel TNI Angkatan Udara terhadap potensi penyebab terjadinya kecelakaan.

Baca juga:  Penerbang F-16 TNI AU Berlatih di Wing Tempur 162 Tucson Arizona.

Dalam kegiatan pokja penyusunan juknis tentang Lambangja diikuti oleh 18 peserta yang terdiri dari para perwira di jajaran Kodikau. Sedangkan narasumber adalah Komandan Lanud Adisutjipto, Marsma TNI Yadi I. Sutanandika, M.S.S.; Asren Kodikau Kolonel Pnb Gatot Purwanto, Msi (Han); dan Kalambangja Kodikau Kolonel Pnb Ir Purwoko Aji P. Kegiatan Pokja ini akan berlangsung selama dua hari, pungkas Ketua Panitia kegiatan Pokja Penyusunan Juknis Lambangja, Mayor Pnb Agni Prayogo.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel