Berita

Poktan Lanud Abd Dibekali Dikenalkan Sistem Hidroponik dan Cara Mempertahankan Ph

Dibaca: 6 Oleh 09 Jun 2016Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Kelompok Tani (Poktan) Lanud Abd yang terdiri dari anggota Lanud Abd Saleh hari ini Rabu (8/6) melanjutkan pembelajaran cara bertani dengan sistem hidroponik Nutrient Film Technique (NFT) yang disampaikan oleh Ibu Tyas dari PT. Agro Gemilang Malang yang dihadiri pula oleh Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, S.E., bertempat di Gedung Binayudha Lanud Abd Saleh.

Sebagaimana yang berikan oleh Ibu Tyas dan Ibu Susan beberapa waktu yang lalu, bahwa Poktan Lanud Abd telah dikenalkan dan diajarkan cara bertanam dengan sistem NFT. Kali ini dilanjutkan pembelajaran mempertahankan pH yang tepat dalam sistem hidroponik (hydroponic system) akan mencegah reaksi kimia negatif pada larutan nutrisi hidroponik karena tingkat pH tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada saluran sistem hidroponik sehingga dapat mengakibatkan masalah. Materi hari ini membahas tentang masalah nutrisi untuk tanaman hidropinik dan macam-macam hidroponik ada 6 sistem. Diantaranya FT (Nutrient Film Technique), Dark Bucket, rafting sistem Dll. Dikatakannya, Rentang pH sebuah tanaman memang memiliki perbedaan, namun untuk menyiasatinya, kita harus mengetahui berapa batas-batas maksimum dari tanaman yang kita miliki, karena banyaknya asam dan basa dapat menyebabkan korosif dan tentu saja itu adalah hal berbahaya untuk tanaman.

Baca juga:  LANUD ATS BAGIKAN 2000 KUPON KURBAN

Pembekalan Poktan hari ini dihadiri 40 orang dari Poktan masing-masing Satker di lanud Abd Saleh. Tiap satker di tunjuk 2 orang untuk mendapat pengarahan dari PT Agro gemilang Malang. Danlanud Abd, yang ikut hadir diacara tersebut, turut menyimak penyampaikan Ibu tyas tentang pembelajaran bagaimana menjaga keasaman tanah. Danlanud Abd menghimbau kepada anggotanya yang ikut Poktan agar bersemangat mengikuti pembelajaran cara bercocok tanam ini. Karena Lanud Abd telah bekerja sama dengan ahli tanaman dari PT. Agro Gemilang yang bekerjasama dengan Universitas Brawijaya dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Seperti yang dikatakan Danlanud Abd beberapa waktu yang lalu bahwa b elajar bertani ini juga untuk membuka peluang usaha pertanian bagi anggota Lanud Abd yang ikut dalam Poktan. Program ini untuk merangsang dan memberikan inovasi bagi anggota Lanud Abd dalam mengembangkan pertanian agribisnis.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel