Berita

Polresta Banjarbaru Bersosialisasi Di Lanud Sjamsudin Noor

Dibaca: 8 Oleh 14 Jun 2011Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Lalu Lintas dan Angkutan Jalan adalah satu kesatuan sistem yang terdiri atas Lalu Lintas, Angkutan Jalan, Jaringan lalu Lintas dan Kendaraan, Pengemudi, Pengguna Jalan dan Pengelolaannya. Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mempunyai peran strategis dalam mendukung pembangunan dan integrasi Nasional sebagai bagian dari upaya memajukan kesejahteraan umum sebagaimana yang diamanatkan oleh UUD Negara RI Tahun 1945. Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sebagai bagian dari sistem transportasi Nasional harus dikembangkan potensi dan perannya untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas dan angkutan jalan dalam rangka mendukung pembangunan ekonomi dan pengembangan wilayah.

Untuk meningkatkan disiplin berlalu lintas baik di dalam maupun di luar wilayah hukum Lanud Sjamsudin Noor dan untuk mencegah terulangnya kembali kecelakaan lalu lintas yang semakin meningkat di Wilayah Kota Banjarbaru dan sekitarnya, maka Polresta Banjarbaru mengadakan sosialisasi disiplin berlalu lintas bertempat di Gedung Bina Angkasa Lanud Sjamsudin Noor, Senin (13/6).

Sosialisasi undang-undang lalu lintas dan angkutan jalan yang dibawakan oleh Kasatlantas Polresta Banjarbaru AKP Dese Yulianti, SH, MAP. beserta delapan orang anggotanya tersebut disambut hangat oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Mokh. Mukhson dan Ny. Etty Mokh. Mukhson yang juga sebagai Anggota Polri sekaligus Ketua PIA AG Cabang 12/D.II Lanud Sam dan di hadiri oleh para Kadis, seluruh Anggota Militer Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS serta diikuti oleh Ibu-ibu PIA AG Cabang 12/D.II Lanud Sam dan para Supir Taxi Primkopau Lanud Sam.

Baca juga:  KOMUNITAS PEGIAT KEBANGSAAN KUNJUNGI LANUD ISWAHJUDI

Penyelenggaraan sosialisasi undang-undang lalu lintas ini dimaksudkan untuk dipahami oleh seluruh anggota Lanud Sam dalam rangka menghindari semakin tingginya angka kecelakaan lalu lintas dan korban yang diakibatkannya. Dan salah satu kegiatan yang dilakukan adalah peningkatan kesadaran hukum masyarakat terhadap Undang-undang RI Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, kemudian Undang-undang Nomor 26 tahun 1997 tentang hukum disiplin prajurit. Berkaitan dengan kedua Undang-undang tersebut maka Polres Banjarbaru menghimbau kepada anggota Lanud Sam agar memahami dan mentaati peraturan berlalu lintas pada saat mengendarai kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat dan berperilaku tertib, sopan, memperhatikan faktor keselamatan dan kewaspadaan terhadap diri sendiri maupun orang lain serta tidak menyerobot pengguna jalan lainnya dengan harapan masyarakat akan mencontoh aparatur pemerintah dalam ketertiban lalu lintas.

Dalam sosialisasi tersebut Kasatlantas Polresta Banjarbaru mengatakan perlunya mewujudkan budaya keselamatan berlalu lintas sehingga sejak usia dini sudah dipahami, juga sosialisasi dan internalisasi tata cara etika berlalu lintas serta program keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan serta penciptaan lingkungan ruang lalu lintas yang mendorong pengguna jalan berprilaku tertib.

Baca juga:  Danwingdikkal Menutup Pendidikan Susba Pengadaan Barang dan Jasa A-15

Ditekankan juga agar anggota saat mengendarai kendaraan memperhatikan dan mematuhi batas kecepatan yang telah ditentukan serta tidak bersikap arogan dan yang paling penting harus melengkapi SIM, STNK dan KTA. Selain itu diingatkan kembali untuk menghidari bentrokan antara TNI dan Polri saat terjadi permasalahan berlalu lintas.

Bagi anggota yang melakukan pelanggaran seperti tercantum dalam UU No. 26 tahun 1997 dan UU No. 22 tahun 2009 baik terjadi di dalam maupun diluar wilayah hukum Lanud Sam akan diproses dan dilimpahkan ke Oditurat Militer.

Himbauan ini tidak hanya untuk anggota saja akan tetapi berlaku juga untuk keluarga yaitu Istri, anak-anaknya, saudara dan pembantu rumah tangga.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel