TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Pomau Harus Mampu Sebagai Penegak Hukum

By 09 Mar 2017Berita
M-458_NA_B-25_Mitchell_Indonesian_Airforce_(7168661149)

Tujuan penegakan hukum adalah demi terciptanya keadilan dan kepastian hukum bagi prajurit dengan berlandaskan nilai-nilai yang terkandung dalam Sapta Marga dan Sumpah Prajurit. Untuk itu segenap personel Pomau selaku penegak hukum di lingkungan TNI Angkatan Udara harus mampu menunjukan kelebihan jati diri sebagai penegak hukum dengan senantiasa menjunjung tinggi nilai moralitas, loyalitas dan integritas dalam setiap pelaksanaan tugas.

Penegasan tersebut disampaikan Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang dibacakan Danpuspomau Marsma TNI Agung Handoko SH. MM. MH pada pembukaan Rakernis Pomau TA 2017 di Halim Perdanakusuma Jakarta, Rabu (8/3). Dihadiri pejabat Pomau dari seluruh Indonesia.

Dikatakan, tuntutan profesionalisme merupakan sebuah keharusan yang harus diikuti dengan nilai moralitas yang tinggi loyalitas pada hukum, integritas yang kuat, memiliki kearifan dalam bertindak dan cepat dalam menyelesaikan masalah.

Disamping itu, lanjutnya, ketegasan dan ketajaman dalam penegakan hukum dengan memegang teguh prinsip Equel Before The Law, dan tidak berkompromi terhadap upaya-upaya intervensi oleh pihak luar, guna mewujudkan tujuan tersebut, Pomau berupaya melakukan penyesuaian dan peningkatan kemampuan profesi kepolisian dalam melaksanakan fungsinya, sehingga profesionalitas Pomau selalu terjaga.

“Lakukan proses hukum / Pro yusticia secara ilmiah, dan pantang menggunakan kekerasan dalam menyingkap suatu kasus, serta hindari munculnya berbagai kepentingan baik pribadi maupun kelompok khususnya terhadap hal-hal yang berkaitan dengan masalah hukum”, tegas Kasau.

Menurutnya, hanya dengan sikap seperti Pomau akan mampu melaksanakan tugasnya dalam rangka penegakan hukum, disiplin dan tata tertib di lingkungan Angkatan Udara. Melalui kerja keras, Pomau akan mampu mewujudkan Angkatan Udara yang disiplin, taat kepada aturan dan hukum serta mencapai tujuan dengan dilandasi oleh profesionalitas yang mantap sebagai cerminan insan yang berbudaya tinggi.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Pomau Harus Mampu Sebagai Penegak Hukum