TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

POMAU LANUD ABD GELAR SWEEPING

By 26 Mar 2014 13:48Berita
IndonesianAF 1

Aroma politik yang menyeruak di seluruh pelosok bumi Nusantara telah dirasakan seluruh warga masyarakat, baik yang memahami dunia politik maupun yang sama sekali tidak paham tentang politik. Yang diketahui masyarakat bahwa perang bendera politik sudah dimulai, sehingga warga yang tidak tahu politikpun harus merasakan pekaknya telinga karena knalpot motor-motor yang meraung keras-keras menuju lapangan orasi politik lalu-lalang di depan warga. Seiring dengan kondisi itu dan sejalan dengan kebebasan yang telah diartikan demikian luasnya, sehingga setiap orang merasa memiliki kebebasan berbicara dan bertindak. Kondisi ini tidak menutup kemungkinan akan dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang berkepentingan dan tidak bertanggung jawab untuk menimbulkan kekacauan dimanapun yang mereka kehendaki.

Menyikapi kondisi tersebut, Satuan Pomau Lanud Abd Saleh menjelang apel pagi, melaksanakan pemeriksaan barang bawaan seluruh anggota Lanud Abd Saleh dan Insub di pintu utama jalan masuk lapangan apel satuan masing-masing. Pemeriksaan tersebut termasuk dalam sweeping yang di gelar operasi Satpomau Lanud Abd untuk Penegakkan dan Ketertiban (Gaktib) bagi kendaraan baik roda empat maupun roda dua termasuk barang bawaan anggota, Rabu (26/3).

Gaktib tersebut dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan latihan Garuda Perkasa 2014 di Lanud Abd Saleh yang sudah merupakan program tahunan. Kelengkapan berlalu lintas seperti Surat Ijin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), KTA, pemeriksaan benda-benda tajam dan barang-barang berbahaya lainnya merupakan barang yang harus diperiksa di dalam Sweeping tersebut. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan disiplin yang merupakan tujuan utama diadakannya Gaktib ini.

Mayor Pom Aswin mewakili Komandan Satpomau Lanud Abd Saleh Letkol Pom Ramot Simatupang disela-sela jalannya sweeping menjelaskan, bahwa penegakkan disiplin harus selalu diingatkan agar anggota tidak terlena dengan apa yang menjadi kewajibannya di dalam melaksanakan disiplin berlalu lintas. Disiplin dalam berlalu lintas sangat penting karena menyangkut keselamatan diri dan orang lain guna mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Disamping itu terkait dengan pesta demokrasi, setiap anggota dilarang mengenakan maupun membawa atribut partai politik, oleh karenanya setiap barang bawaan anggota harus kami periksa agar kami tidak kecolongan”, tambahnya.

Rupanya tingkat kedisiplinan anggota Lanud Abd Saleh patut mendapatkan acungan jempol, karena dalam sweeping tersebut tidak ditemukan atribut partai maupun barang-barang yang berbahaya yang dibawa anggota Lanud Abd Saleh dan Insub Semuanya telah melengkapi surat-surat kendaraan. Petugas sweeping hanya menemukan beberapa anggota yang tidak melengkapi persyaratan seragam seperti kartu pasring yang harus diganti karena telah mengalami kerusakan.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

POMAU LANUD ABD GELAR SWEEPING