Berita

POPUNAS KOHANUDNAS MONITOR SETIAP PENERBANGAN DI WILAYAH UDARA NKRI

Dibaca: 478 Oleh 18 Nov 2011Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Pusat Operasi Pertahanan Udara Nasional (Popunas) Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) secara terus menerus memonitor setiap gerakan penerbangan yang ada di wilayah udara nasional, sekaligus merekam jalur penerbangan yang dilalui pesawat tersebut sampai pesawat mendarat di tempat tujuan. Dengan demikian, Popunas secara pasti akan mengetahui, apakah pesawat tersebut sudah sampai tujuan dengan selamat ataupun pesawat mengalami gangguan dalam penerbangan seperti pesawat mengalami kecelakaan, demikian kata Kepala Popunas Letkol Pnb Widodo, Kamis, (17/11) di Makohanudnas Halim Perdanakusuma Jakarta.

Terkait dengan pesawat latih jenis Cessna C172-PK milik sekolah penerbangan Nusa Flying School, yang hilang pada hari Rabu, (16/11) pada saat melaksanakan Traning, Kapopunas mengatakatan bahwa pesawat Cessna C172-PK take off dari Bandara Halim Perdanakusuma dengan ketinggian 7700 kaki, kecepatan 101 knot, heading 095°. Oleh ATC Halim Perdanakusuma pesawat tersebut dinyatakan lost contact pada pukul 01.40 UTC atau 08.40 WIB. Berdasarkan pantauan udara yang dilaksanakan oleh Popunas Kohanudnas, pesawat yang hilang tersebut berada pada koordinat 06.50’.58” South, 108.01’.45” East, dan diperkirakan pesawat tersebut menghilang di jarak 12,5 Km arah 084° dari kota Sumedang. Data hasil pantauan udara Popunas ini, sudah dikirimkan ke Team SAR yang berada di Base Ops Halim Perdanakusuma.

Baca juga:  SMAN 1 Cianjur Berkunjung ke AAU

Popunas Kohanudnas ini dilengkapi dengan sistem Transmisi Data Air Situation (TDAS) dan sistem Thales. Sistem TDAS ini adalah suatu sistem penyampaian data kepada pengguna khususnya data mengenai situasi udara, terutama data-data objek pesawat hasil tangkapan Radar. Sistem TDAS dan Thales ini fungsinya untuk memonitor pergerakan pesawat di wilayah udara NKRI. Dengan demikian Radar-radar yang berada di jajaran Kohanudnas siaga senantiasa mengamati wilayah udara sepanjang tahun.

POPUNAS KOHANUDNAS MONITOR SETIAP PENERBANGAN DI WILAYAH UDARA NKRI
Perkiraan lokasi jatuhnya pesawat latih jenis Cessna C172-PK milik sekolah penerbangan Nusa Flying School.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel