#TNIAU 

Lambang Kosekhanudnas I

Save

KOSEK I

Marsma TNI Mohammad Nurdin

KOMANDAN KOSEK l KOOPSUD l

Marsma TNI Mohammad Nurdin, Lahir di Bandung, Jawa Barat pada 19 November 1974. Diterima sebagai Calon Prajurit Taruna dan dilantik oleh Presiden RI sebagai Letda tahun 1996. Selanjutnya mengikuti pendidikan Sekbang dan diwisuda (Wing Day) sebagai Penerbang pada tahun 1998. mengikuti pendidikan Sekkau dan lulus pada tahun 2007. Selanjutnya mengikuti pendidikan Sesko China pada tahun 2009. Sesko TNI pada tahun 2019. Pada tanggal 21-01-2022 dilantik sebagai Dankosek I Koopsud l sampai sekarang.

Tugas Kosekhanudnas II

Makosekhanudnas II Makassar merupakan Komando pelaksana operasi pertahanan udara.  Kosekhanudnas bertugas menyelenggarakan dan mengendalikan 0perasi   pertahanan   udara di   wilayahnya   sesuai pembagian tanggung jawab geografis wilayah Hanudnas untuk mendukung tugas Kohanudnas     Kosekhanudnas II dipimpin oleh seorang Panglima yang bertanggung jawab kepada Panglima Kohanudnas.

 

Kosekhanudnas II memiliki wilayah tanggung jawab terhadap pertahanan udara di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi, Kalimantan Timur dan Kalimantan  Tengah. Sistem yang digunakan Kosekhanudnadnas II saat ini adalah system Thales yang merupakan produk dari Perancis.   Sistem yang telah digunakan di tahun 2008 ini, metode penggunaannya dengan komputer sehingga dapat menampilkan data situasi udara. 

 VISI : Memberdayakan seluruh potensi kedirgantaraan dengan potensi  pendukung lainnya, dengan meningkatkan kualitas sumber daya nasional menjadi suatu kemampuan yang handal dalam proses pembangunan.

 

MISI  :   Keikutsertaan seluruh aspek kedirgantaraan dalam rangka memajukan dan mempercepat pencapaian tujuan nasional serta tetap menjaga kelangsungan hidupnya.

 

Dalam melaksanakan operasi Hanud dan gelar kekuatan Alutsista, Kosekhanudnas II  juga memiliki kewenangan untuk menggunakan unsur pesawat tempur, termasuk KRI berkemampuan Hanud dan unsur  Arteleri Pertahanan Udara.  Unsur   Rudal/Meriam  tersebut  berada  di  Yon Arhanud 8 –V BRW di Sidoarjo dan Den Rudal 002-VI MLW di Bontang Balikpapan.

 

Kosekhanudnas memiliki satuan-satuan radar dibawahnya yaitu Satrad 221 Ngliyep, Satrad 222 Ploso, Satrad 223 Balikpapan,  Satrad 224 Kwandang, Satrad 225 Tarakan dan Satrad 226 Buraen.

  • Satrad 221
  • Satrad 222
  • Satrad 223
  • Satrad 224
  • Satrad 225
  • Satrad 226

Save

Save

Save