Berita

POSEK KOSEKHANUDNAS I “TERBAKAR”

Dibaca: 12 Oleh 23 Sep 2013Tidak ada komentar
POSEK KOSEKHANUDNAS I “TERBAKAR”
#TNIAU 

“Jajaran Amarta, Pasopati I, diberitahukan terjadinya kebakaran di Ruang Yudha Pusat Operasi Sektor (Posek) Kosekhanudnas I, kami ulangi terjadinya kebakaran di Ruang Yudha, segera amankan dokumen dan bantu pemadaman api,” ucap Pama Siaga Posek Kosekhanudnas I, Lettu Lek Slamet Riyadi yang disiarkan melalui radio komunikasi. Jakarta, Jumat (20/9).

“Kebakaran” tersebut terjadi sekitar pukul 09.00 Wib. Terlihat tiga titik api yang menyala besar di Ruang Yudha akibat konsleting listrik. Dengan sigap staf Posek dan seluruh personel Kosekhanudnas I membantu memadamkan api dengan alat pemadam kebakaran (Alpeka) yang tersedia di lingkungan Kosekhanudnas I. Sebagian personel berusaha mengamankan dokumen penting dan peralatan elektronik yang ada di Ruang Yudha Posek Kosekhanudnas I.

Dalam “kebakaran” tersebut, terdapat dua korban luka bakar serius yang berhasil dievakuasi personel Kosekhanudnasi I dan langsung mendapatkan perawatan dan perhatian khusus dari satuan kesehatan Kosekhanudnas I. Tidak lama, datang bantuan Pemadam Kebakaran Lanud Halim Perdanakusuma untuk membantu memadamkan api yang mulai membesar. Sekitar pukul 09.20 Wib, api berhasil dipadamkan dan seluruh personel berkumpul di Lapangan Futsal Posek Kosekhanudnas I untuk dilakukan pengecekan personel dan pendataan alpeka yang digunakan serta tingkat kerusakan di Ruang Yudha.

Baca juga:  LATTIS SETUKBA TNI AU

Kegiatan ini merupakan bagian dari simulasi penanganan dan pemadaman kebakaran untuk melatih kesiapsiagaan dan keterampilan personel Kosekhanudnas I dalam mengatasi terjadinya suatu kebakaran. “Ini merupakan bagian dari program kerja staf operasi Kosekhanudnas I, sehingga nantinya setiap personel mengetahui apa yang harus dilakukan seandainya terjadi kebakaran,” jelas Ps. Pabandya Lambangja Kosekhanudnas I, Mayor Lek Edy Purnomo disela-sela evalusi simulasi kebakaran ini.

Senada Mayor Lek Edy Purnomo, Asops Kosekhanudnas I, Letkol Pnb Elang Tjajah Migdiawan mengatakan simulasi ini berjalan dengan lancar dan aman. “Meskipun baru pertama kali dilaksanakan, tetapi terlihat reaksi personel Kosekhanudnas I cepat dan tanggap dengan membawa alpeka seadanya. Memang ada sebagian personel yang terlihat bingung apa yang harus diperbuat. Itu wajar,” katanya. Menurutnya, simulasi seperti ini sebaiknya dilaksanakan secara rutin. “Sehingga, personel tidak bingung lagi jika seandainya terjadi kebakaran yang sebenarnya nanti,” tambahnya.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel