Berita

Prajurit Lanud Padang Turunkan Berat Badan Dengan Lari Siang

Oleh 09 Okt 2014 No Comments
#TNIAU 

Untuk menjaga kesemaptaan tetap prima dan postur yang ideal segenap prajurit Lanud Padang yang kelebihan berat badan (overweight) melakukan pembinaan fisik berupa lari disiang hari, Rabu (8/10). Kegiatan binsik siang ini dilakukan dalam seminggu sekali di sela-sela waktu yang luang agar pelaksanaan tugas lainya tetap berjalan.

Menurut Danlanud Padang Ltk Pnb Mohammad Apon, ST, MM mengatakan, Jasmani yang sehat dan postur yang ideal merupakan program yang wajib bagi prajurit Lanud Padang. Selain itu sesuai Intruksi Pangkkopsau I yaitu agar para prajurit yang memiliki kelebihan berat badan (overweight) agar mengikuti program semapta khusus lari siang. Semangat ini hendaknya dapat di jadikan vitamin ampuh untuk mencapai sasaran peningkatan kinerja kita.

Selain itu kita akan lakukan evaluasi dalam bulan ini, apabila dirasakan masih belum maksimal hasilnya bisa saja kita adakan lari siang setiap hari atau back to basic prajurit Lanud Padang kita jalankan jelasanya. Kegiatan lari siang ini dipimpin Kadispers Lanud Padang Mayor Adm Adi Harsanto di awali dengan peregangan otot dan pemanasan. Usai pemanasan dilanjutkan dengan lari secara bersama-sama menyusuri landasan pacu menempuh jarak sekitar 5 km.

Menurut berbagai ahli kesehatan, dengan melaksanakan lari disiang hari akan menyehatkan dan menambah kebugaran fisik yang berdampak terhadap meningkatnya daya tahan tubuh seseorang dari berbagai macam penyakit. Manfaat lain dari pelaksanaan lari siang adalah, menurunkan berat badan sehingga terhindar dari Obesitas, meningkatkan kemampuan paru-paru, jantung dan berbagai manfaat lainnya.

Manfaat ini dikarenakan pada siang hari lapisan udara dipermukaan tanah ataupun jalan aspal menjadi lebih renggang dibandingkan dengan lapisan udara diatasnya akibat sinar matahari. Ini berarti kadar oksigen juga menipis. Dengan berlatih siang hari maka paru-paru akan dipaksa bekerja lebih keras menghisap udara berkadar oksigen rendah.

Pemaksaan ini menyebabkan kemampuan paru-paru dalam menghisap udara semakin besar, peningkatan kemampuan paru-paru tersebut berpengaruh terhadap daya tahan organ tubuh manusia. jadi kesimpulanya daya tahan tubuh makin kuat akibat peningkatan kemampuan kinerja paru-paru tadi.

Komentar