Berita

PRAJURIT LANUD SUPADIO IKUTI PEMBUATAN LRB

Dibaca: 17 Oleh 24 Sep 2014Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Prajurit Pangkalan TNI AU Supadio bersama prajurit di lingkungan TNI/Polri se-Garnizun Pontianak mengikuti pembuatan Lubang Resapan Biopori (LRB) di halaman Markas Kodam XII/Tpr, Rabu (24/9). Turut hadir dalam kegiatan ini Kasdam XII/Tpr Brigjen TNI Aris Martono Hariyadi, Danlanud Supadio Kolonel Pnb Tedi Rizalihadi, Danlanal Pontianak Kolonel Laut (P) Guntur Wahyudi, para pejabat Kodam XII/Tpr, Irwasda Polda Kalbar Kombes (Pol) Didi Haryono dan para pejabat Sipil serta anggota Pramuka.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan tindak lanjut dari Gerakan Nasional Konservasi Lingkungan melalui pembuatan Lubang Resapan Biopori yang dicanangkan pemerintah. Hal ini bertujuan untuk kelangsungan kelestarian lingkungan dan membantu mengurangi pencemaran dan kerusakan lingkungan dari dampak pemanasan global dan dampak yang lainnya.

Menurut Danlanud Supadio Kolonel Pnb Tedi Rizalihadi, TNI dan Polri se-Garnizun Pontianak sangat mendukung pembuatan Lubang Resapan Biopori. Karena sangat berguna sekali bagi kelestarian lingkungan. Dengan adanya Lubang Resapan Biopori tentunya lingkungan akan tampak lebih asri dan sehat. Dikarenakan biopori untuk mengatasi genangan air dengan cara meningkatkan daya resap air pada tanah. Lubang pada tanah ditimbun dengan sampah organik dan menghasilkan kompos untuk menghidupi fauna tanah serta mampu menciptakan pori-pori di dalam tanah.

Baca juga:  Jelang Wingday, 51 Calon Penerbang Jalani Tradisi Penyematan Brevet

Selain itu, lanjut Danlanud, Biopori dapat menggemburkan dan menyuburkan tanah karena menimbulkan aliran oksigen dan mempercepat produksi unsur organik. Biopori sangat diperlukan karena banyak tanah yang tidak mampu menyerap air dengan baik sehingga kesuburannya sangat menurun.

“Mudah-mudahan kegiatan ini dapat diterapkan oleh setiap individu atau masyarakat dilingkungannya masing-masing. Karena sangat berguna sekali bagi kehidupan kita dimasa kini dan yang akan datang. Dengan aksi ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan perubahan perilaku masyarakat bahwa pembuatan lubang resapan biopori tidak hanya berdampak bagi lingkungan, tetapi juga dapat meningkatkan ketahanan lingkungan dari dampak perubahan iklim,” tambah Danlanud.

Diakhir kegiatan Kasdam XII/Tpr didampingi Danlanud Supadio, Danlanal Pontianak dan Irwasda Polda Kalbar mendengarkan arahan dari Panglima TNI Jenderal TNI Dr. Moeldoko melalui teleconference di halaman Makodam XII/Tpr.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel