TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Prajurit Paskhas Latihan Terjun Statik dan Free Fall

By 21 Feb 2019 February 25th, 2019 Berita
HND_3990

TNI AU.  Ratusan prajurit Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU melaksanakan latihan penerjunan statik dan free fall di Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Kamis (21/2). Di pagi buta sekira pukul 05.30 WITA itu pesawat Hercules C-130 TNI Angkatan Udara A-1312 mengangkut 250 prajurit Paskhas, terdiri dari prajurit Wing II Paskhas, Batalyon Komando 466 Paskhas, serta Denhanud 472 Paskhas melakukan latihan sekaligus terjun penyegaran (Jungar).

HND_3975

Jungar yang dilakukan sebanyak 5 shorty penerbangan itu diawali dengan briefing, sesaat sebelum terbang. Pada shorty pertama 50 prajurit melakukan penerjunan statik pada ketinggian 1500 feet melalui pintu kanan dan kiri, hingga shorty keempat dan pada shorty kelima para prajurit Paskhas melakukan penerjunan free fall pada ketinggian 8000-10.000 feet.

Di sela kegiatan latihan terjun penyegaran Komandan Wing II Paskhas Kolonel Pas Nasser yang memimpin langsung latihan terjun penyegaran, mengatakan, kegiatan terjun statik dan free fall ini sengaja digelar untuk membina dan meningkatkan kemampuan prajurit Paskhas TNI AU sesuai perintah komando atas, dimana latihan terjun penyegaran ini merupakan latihan yang dilaksanakan secara rutin. “Latihan ini merupakan agenda rutin yang biasa dilakukan prajurit Paskhas TNI AU yang bertugas di seluruh Indonesia,” demikian ungkapnya.

Sementara Komandan Lanud Sultan Hasanuddin Marsma TNI H. Haris Haryanto, S. IP. di ruang kerjanya mengatakan, latihan terjun penyegaran ini merupakan kebutuhan bagi prajurit Paskhas TNI AU, untuk meningkatkan kemampuan mobilisasi udara baik perorangan maupun kelompok yang sangat diperlukan dalam melakukan misi operasi di medan pertempuran.

Prajurit Paskhas Latihan Terjun Statik dan Free Fall