Berita

PRAJURIT TNI KALBAR SUMBANGKAN DARAH KE PMI

Dibaca: 7 Oleh 27 Sep 2010Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Dalam rangka memperingati Ke-65 HUT Tentara Nasional Indonesia di wilayah Propinsi Kalimantan Barat, panitia Hari Ulang Tahun TNI Propinsi Kalimantan Barat yang terdiri dari personel Rumkit Tingkat III Kesdam VI/Tanjungpura, Rumkit Tingkat III Lanud Supadio dan personel kesehatan Lanal Pontianak bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak, mengadakan kegiatan kemanusiaan berupa donor darah yang dilaksanakan di Rumkit Tk. III Kesdam VI/Tpr, Jumat (24/9).

 

Perwakilan pendonor darah dari TNI Angkatan Udara terdiri dari personel Lanud Supadio, Skadud 1 dan Batalyon 465 Paskhas dengan jumlah 30 orang, personel Kodam VI/Tpr sebanyak 200 orang dan Lanal Pontianak sebanyak 20, dengan jumlah keseluruhan prajurit TNI yang rela mendonorkan darahnya sebanyak 250 personel. Namun demikian setelah diadakan pemeriksaan terhadap personel yang akan donor, ditemukan beberapa personel yang karena alasan tertentu sehingga pendonor tersebut dinyatakan tidak memenuhi syarat untuk diambil darahnya.

 

Kapten Kes Wartono, A.Md. merupakan satu diantara para pendonor darah yang selalu ikut berpartisipasi aktif dalam kegiatan kemanusiaan ini. Menurutnya donor darah sangat penting dilakukan karena untuk menjaga kesehatan tubuh, dengan diambilnya darah keluar dari tubuh maka tubuh akan memproduksi darah yang baru sehingga dapat dirasakan badan terasa lebih segar dan fresh kembali.

Baca juga:  Lanud Haluoleo Orientasi 9 Prajurit Baru

 

Sedangkan Mayor Kes Wisnoe Pratomo selaku koordinator pelaksana donor darah Lanud Supadio mengatakan, donor darah sangat penting dilakukan oleh seseorang karena tubuh membutuhkan sel-sel darah merah yang baru. Donor darah dapat dilaksanakan minimal 3 bulan sekali, dan untuk prajurit TNI Angkatan Udara khusunya Lanud Supadio hal ini dilaksanakan sedikitnya 1 tahun 3 kali yaitu pada acara HUT TNI AU, Hari Bakti TNI AU dan HUT TNI pada saat ini.

 

Disamping kegiatan donor darah yang dilaksanakan secara intern TNI maupun TNI AU, sering sekali instansi sipil baik negeri, BUMN maupun swasta mengundang personel Lanud Supadio untuk berpartisipasi dalam misi kemanusiaan ini. ”Selain itu ada juga diantara anggota yang mendonorkan darahnya secara langsung ke PMI kota Pontianak maupun kepada orang yang benar-benar membutuhkan darah,” jelas Mayor Kes Wisnoe.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel