Berita

Praktek Siswa Sejursarta Jurkom A-15 Di Lanud Sulaiman

Oleh 28 Mar 2016 Tidak ada komentar
Sukhoi Su-27
#TNIAU 

Sebanyak 15 Siswa Sejursarta Jurkom (Sekolah Kejuruan Dasar Tamtama Juru Komunikasi) Angkatan ke-15 yang menempuh pendidikan di Skadron pendidikan 202 Lanud Sulaiman, Kec. Margahayu, Kab. Bandung melaksanakan praktek di seksi Senkom (Sentral Komunikasi), Ruops (Ruang Operasi), dan Baseops (Base Operasi) Lanud Sulaiman. Rabu, (23/3).

“Kegiatan yang dilaksanakan tersebut diharapkan kelak dapat diterapkan di satuan tempat para siswa bertugas. Meski ilmu yang diperoleh belumlah maksimal namun diharapkan mampu memotivasi para siswa kelak untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik,” kata Danskadik 202 Mayor Lek Aang Sukmaya terkait dengan kegiatan praktek siswa yang dilaksanakan.

Para siswa saat berada di Kantor Senkom mendapat penjelasan secara garis besar tentang semua fungsi dan kegunaan alat komunikasi dari Kepala Senkom Mayor Tek Achmad Supriyadi yang dilanjutkan dengan praktek semua alat yang dijelaskan termasuk penggunaan sound system, jaringan komunikasi berita, telepon PA PBX, radio, dan internet.

Sedangkan di Ruops melalui stafnya, para siswa dijelaskan mengenai pengetahuan dan istilah penerbangan, cara berbicara dan berkomunikasi lewat radio.

“Baseops di Lanud Sulaiman terbagi atas tiga bagian, yaitu PLLU (Pengatur Lalu Lintas Udara), Meteorologi, dan PK (Pemadam Kebakaran),” kata Kasi Base Ops Mayor Sus Heru Santoso saat para siswa melaksanakan prakteknya. Selanjutnya para siswa diarahkan ke menara untuk mengetahui lebih lanjut tentang desk alat komunikasi dioperasikan, bagaimana cara komunikasi antarpesawat, Handy Talky, dan peralatan lainnya yang fungsinya untuk mengetahui posisi dan keberadaan pesawat. Selain itu, siswa pun mempraktekkan cara penggunaan dan mengoperasikan alatWeather Kit yang kegunaaannya untuk mengetahui keadaan cuaca, temperatur, dan tekanan udara.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel