Berita

Presiden Joko Widodo : TNI Mampu Menjadi Kekuatan Perang Modern

Dibaca: 17 Oleh 05 Okt 2020Oktober 6th, 2020Tidak ada komentar
Presiden Joko Widodo : TNI Mampu Menjadi Kekuatan Perang Modern
#TNIAU 

TNI AU.  “TNI akan mampu menjadi kekuatan perang modern dengan kebijakan investasi jangka panjang yang terencana mengikuti perkembangan teknologi maju,” jelas Presiden Joko Widodo dalam Upacara Peringatan HUT ke-75 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Instana Negara, Jakarta, Senin (05/10/2020). Menurutnya harus adanya kesungguhan dalam mengubah kebijakan dari belanja pertahanan menjadi investasi pertahanan dengan berpikir jangka panjang yang dirancang sistematis, dijalankan secara konsisten dan berkelanjutan.

Investasi pertahanan tersebut antara lain transformasi organisasi, transformasi teknologi yan didukung transformasi personel yang kokoh, baik dalam menghadapi tugas Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

“Kita bersyukur bahwa telah tertanam kuat karakter pejuang dalam diri prajurit TNI, karakter ini harus terus melekat dan terlembaga dalam pengabdian prajurit TNI dimanapun berada,” ujarnya.

Karakter pejuang, lanjutnya, harus siap untuk bersinergi, bekerja sama, bahu membahu dengan berbagai elemen bangsa, sinergi antar korps, matra, instasi dan sinergi antara TNI Polri. “Sinergi adalah kunci untuk membangun kekuatan pertahanan yang semakin kokoh dan efektif, karakter pejuang yang selalu siap menjawab panggilan tugas, kapan pun dan dimanapun,” tegasnya seraya mengingatkan bahwa Indonesia memerlukan TNI yang profesional, terdidik dan terlatih secara terus menerus meningkatkan kemampuannya agar selalu siap memenuhi panggilan tugas.

Baca juga:  LANUD TARAKAN TERIMA HIBAH MOBIL DARI PEMKOT KOTA TARAKAN

Secara khusus, Presiden Joko Widodo ucapkan terima kasih kepada para prajurit TNI yang selalu siap memenuhipanggilan tugas, yang setia mengawal Pancasila, NKRI, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika yang dengan penuh kesungguhan bertugas di daerah pedalaman, di wilayah perbatasan, diwilayah terpencil, di pulau-pulau terdepan dan yang bertugas di luar negeri sebagai pasukan PBB.

Penghargaan setinggi-setingginya juga diberikan kepada prajurit TNI yang selalu berada di garda terdepan dalam misi kemanusiaan, yang terlibat aktif dalam penanganan korban bencana alam dan kebakaran hutan.

”Terima kasih atas peran aktif TNI dalam penanganan dampak pandemi Covid-19, baik dalam pendisiplinan protokol kesehatan maupun dalam perawatan di RS TNI,” katanya.

Upacara HUT Ke-75 TNI yang bertemakan “Sinergi Untuk Negeri” dilaksanakan secara virtual dari Istana Negara, Jakarta yang diikuti oleh seluruh prajurit dan satuan TNI, salah satunya Sekolah Staf dan Komando Angkatan Udara (Seskoau) yang turut mengikuti dari Bangsal Srutasala, Seskoau, Lembang, di mana Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal. S.I.P., M.Tr (Han)., mengundang pejabat TNI AU Badan Koordinasi Daerah (Bakorda) Bandung dan Forkopimda Bandung Barat dengan tetap memperhatian protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru.

Baca juga:  Danpusdiklat Paskhas : Jadikan kegiatan ini sebagai sarana komunikasi dua pihak yang saling terbuka dan jujur

Pejabat yang hadir antara lain Dankoharmatau Marsda TNI Tri Suyono, Kadislitbangau Marsma TNI Farrid Hidayat H., S.T., M.Tr (Han)., Wadan Seskoau Marsma TNI Jemi Trisonjaya, M.Tr (Han)., Sekda Kabupaten Bandung Barat Ir. H. Asep Sodikin, M.Hum., Ketua Pengadilan Agama Hamzah, S.Ag., M.H., Hakim Pengadilan Negeri Bandung Dalyusra, S.H., M.H., Dandepohar 40 Kolonel Lek M. Ikhsan, S.Sos., Dandepohar 70 Kolonel Tek Hery Soepri Yanto, Karumkit RSAU dr. Salamun Kolonel Kes dr. P. Ariwibowo, Kalafiau Kolonel Kes Dr. Drs. Yuli Subiaktoro, M.Si., Apt., Seslem Seskoau, Kakordos Seskoau, para Direktur dan Kepala Departemen Seskoau, Wakadilmil Pengadilan II-09 Bandung Letkol Sus Erwin Kristiyono, S.H., M.H., Danskadik 301 Wingdiktek Letkol Tek Sukasno, S.E., Kabagrem Polres Cimahi Kompol Yanto, Danramil Lembang Kapten Arm Fendi turut menyaksikan secara virtual rangkaian kegiatan.

Sebelumnya menjelang HUT Ke-75 TNI, telah dilaksanakan beberapa kegiatan yaitu tanggal 22 September 2020 diselenggarakan bakti sosial donor darah bertempat di Aula Skadik 201 Lanud Sulaiman, Margahayu, Bandung yang diikuti secara antusias seluruh satuan TNI Angkatan Udara Bakorda Bandung yang terdiri personel Seskoau, Lanud Sulaiman, Lanud Husein Sastranegara, RSAU dr. Salamun, Sesa Husein Sastranegara, Depohar 70, Depohar 40, Depohar 10, Pusdiklat Paskhas, Makorpaskhas, GPP3, Dislitbangau, Koharmatau dan Lafiau.

Baca juga:  Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal Melaksanakan Upacaca Bendera 17-an

Kemudian pada tanggal 2 Oktober 2020 diadakan Upacara Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung yang diikuti personel TNI Jajaran Garnisun Tetap (Gartap) II/Bandung, di mana bertindak selaku Inspektur Upacara Dansesko TNI Marsekal Madya TNI Dedy Permadi, S.E., MMDS. yang turut dihadiri Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Dankodiklatad Letjen TNI Anto Mukti Putranto, S.Sos, Danseskoad Mayjen TNI Dr. Anton Nugroho, MMDS., M.A., Danpussenif Letjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H., M.Tr (Han)., Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, S.IP., M.M., Danseskoau Marsda TNI Samsul Rizal, S.I.P., M.Tr (Han)., dan pejabat Forkopimda melaksanakan tabur bunga di makam para pahlawan.

Presiden Joko Widodo : TNI Mampu Menjadi Kekuatan Perang Modern

Presiden Joko Widodo : TNI Mampu Menjadi Kekuatan Perang Modern

Presiden Joko Widodo : TNI Mampu Menjadi Kekuatan Perang Modern

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel