Berita

PRESIDEN NDA JEPANG KUNJUNGI AAU

Dibaca: 34 Oleh 26 Sep 2011Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Gubernur Akademi Angkatan Udara (AAU), Marsekal Muda TNI Bambang Samoedro, S.Sos. menerima Kunjungan Presiden Akademi Pertahanan Nasional Jepang atau President National Defence Academy (NDA) Jepang Mr.Makoto Iokibe di Ksatrian AAU Yogyakarta, Senin, (26/9). Kunjungan dimaksudkan untuk melihat dari dekat proses pendidikan yang dilaksanakan di AAU.

Dalam sambutannya, Gubernur AAU menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih, karena telah memberikan perhatian yang besar kepada taruna Indonesia terutama karbol AAU, Menurut Gubernur, pembicaraan kerjasanma bidang pendidikan pertahanan mutlak diperlukan guna membangun saling pengertian dan kerjasama yang kuat melalui pengiriman para calon perwira dan perwira militer Indonesia untuk menimba ilmu di negeri sakura itu, yang diharapkan melalui kerjasama ini akan memberikan kontribusi lebih baik, dalam menghadapi tantangan serta mempelajari tren dan perkembangan keamanan regional dan internasional.

Selanjutnya Mr. Makoto Iokibe pada ceramahnya kepada para Karbol di Gedung Sabang-Merauke AAU mengatakan, Jepang telah melonggarkan hubungan pertahanannya dengan berbagai negara di dunia. Termasuk Indonesia yang sudah sejak 1998 telah melakukan kerjasama melalui pengiriman taruna dan perwira TNI ke NDA. Pemberian kesempatan pendidikan bagi Indonesia di National Defence Academy (NDA) yang bermarkas di kawasan Yokosuka, Provinsi Kanagawa ini, diberikan kepada lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang dalam mengambil S-1 selama lima tahun dan S-2 dari perwira siswa TNI selama tiga tahun–masing-masing setahun untuk mempelajari bahasa Jepang.

Baca juga:  UPACARA BENDERA 17-AN DI LANUD WIRIADINATA

Hal serupa dikatakan Professor of NDA Vice Admiral (Ret) Fumio Ota yang mengatakan, Indonesia telah mengirimkan lulusan SMU Taruna Nusantara untuk menjadi Taruna NDA Jepang dalam rangka pendidikan S-1 bidang science dengan beasiswa bantuan pemerintahnya. NDA Jepang juga telah menamatkan 15 perwira TNI dari berbagai angkatan untuk program S-1 dengan pangkat letnan dua hingga kapten. Kini, masih ada 10 orang yang menimba pendidikan di sana, dan tiga perwira baru datang awal 2011 lalu. Sedangkan perwira TNI lulusan S-2 dari NDA ada tujuh orang, tiga diantaranya masih menyelesaikan pendidikan di sana. Kata Fumio Ota.

Selama berkunjung di AAU, tamu NDA itu melakukan penanaman pohon trembesi sebagai kenangan wujud kerjasama lembaga pendidikan kedua negara tersebut. Gubernur AAU juga mempersilahkan rombongan untuk berfoto bersama dan berkeliling kampus, meninjau berbagai fasilitas dan kegiatan yang ada dalam kompleks militer Yogyakarta itu.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel