Berita

PRESIDEN SBY SIDAK KE TMC LANUD HALIM PERDANAKUSUMA

Dibaca: 10 Oleh 23 Jan 2014Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Ani Yudhoyono beserta rombongan sesaat setelah tiba di Lanud Halim Perdanakusuma sebelum melakukan kunjungan ke Sumatera Utara melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Posko Penerapan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) untuk Redistribusi Curah Hujan di Wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Kamis (23/1). Sidak dilakukan untuk mengetahui dari dekat keberadaan dan kinerja Posko TMC di Lanud Halim Perdanakusuma dalam mengurangi curah hujan di Provinsi DKI Jakarta, sehingga bencana banjir dapat dikurangi.

Rombongan diterima oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Hujan Buatan (UPTHB) Badan Penerapan dan Pengkajian Teknologi (BPPT) Drs. F. Heru Widodo, M.Si., yang menjelaskan tentang operasional TMC yang didirikan sejak 13 Januari 2014 hingga saat ini. Dijelaskan sejak TMC dibentuk telah melakukan 15 kali penerbangan pesawat Hercules TNI AU untuk penyebaran 55, 32 ton garam di udara.

Menurut Heru Widodo kendala kegiatan TMC adalah, Kontainer kurang/ belum siap sehingga belum maksimal untuk mengurangi curah hujan di Jakarta, sedangkan pesawat Hercules TNI Angkatan Udara siap untuk penyebaran garam di udara.

Baca juga:  FC Family Raih Tropi Piala Bergilir Turnamen Sepakbola Brajamusti Cup IV 2014

“Untuk kegiatan terbang malam Pesawat Hercules TNI AU belum dilengkapi peralatan yang memadai sehingga tidak bisa menyabarkan garam di malam hari” ujarnya saat memberikan paparan singkat kepada Presiden dan pejabat lainnya di Suma 4 Lanud Halim.

Usai melihat dan menerima penjelasan dari Kepala UPTHB BPPT Presiden SBY memberikan apresiasi atas kinerja seluruh personel yang tergabung dalam Posko TMC di Lanud Halim Perdanakusuma dalam mengurangi curah hujan di DKI Jakarta. Kemudian Presiden SBY memberikan beberapa penekanan seperti menambah peralatan dan pesawat terbang untuk mendukung penyebaran garam di udara.

Selanjutnya rombongan mempersiapkan diri untuk terbang menuju Sumatera Utara guna meninjau korban bencana Gunung Sinabung. Menurut rencana rombongan akan berada di Sumatera Utara hingga Sabtu (25/1) mendatang.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel