Berita

Primkopau Cendrawasih Lanud Abdulrachman Saleh Gelar R.A.T.

Primkopau Cendrawasih Lanud Abdulrachman Saleh Gelar R.A.T.
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Pangkalan TNI AU (Lanud) Abdulrachman Saleh, Malang Marsekal Pertama TNI Hesly Paat yang diwakili Ketua pengawas Primkopau Cendrawasih Letkol Lek Agus Rian Herdiana,S.T. memimpin Rapat Anggota Tahunan (RAT) Primer Koperasi TNI Angkatan Udara (Primkopau) Cendrawasih Lanud Abd Saleh tahun buku 2019 yang dihadiri oleh Ketua Dekopinda Kab. Malang Drs.H. Aloewi dan staf serta jajaran pengurus dan seluruh anggota Primkopau Cendrawasih bertempat di Gedung Bina Yudha Lanud Abdulrachman Saleh, Senin, (10/2/2020).

Dalam sambutannya Danlanud Abd yang dibacakan Ketua pengawas Primkopau Cendrawasih Letkol Lek Agus Rian Herdiana,S.T. mengatakan “Rapat anggota tahunan bagi sebuah koperasi merupakan suatu keharusan untuk dilaksanakan dengan beberapa agenda yaitu mengevaluasi pengurus dan pengawas serta mepertanggung jawabkan atas kinerjanya, membahas rencana kerja anggaran pendapatan dan belanja tahun mendatang dan juga pembagian sisa hasil usaha (SHU) atas keuntungan tahun buku sebelumnya. RAT seperti ini juga merupakan forum tertinggi koperasi yang diadakan untuk menampung segala pikiran, usulan juga saran-saran dari segenap anggota untuk perkembangan usaha koperasi ke depan secara lebih baik.“

Baca juga:  Personel Wingdiktek Rutin Gelar Pengajian

Lebih lanjut Danlanud menyampaikan “ Untuk menjalankan usaha koperasi yang sehat diperlukan upaya dari segenap pengurus dan anggotanya dalam menerapkan fungsi-fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan secara terarah dan berdisiplin, khususnya terhadap beberapa unit usaha yang ada di koperasi. Hal ini dilakukan agar koperasi mampu memberikan keuntungan atau laba dalam berbagai usahanya, sehingga mampu meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.“

“Selama satu tahun buku dalam tahun buku 2019, dari laporan pengurus primkopau Cendrawasih dapat diketahui bahwa koperasi yang berbadan hukum tahun 1990 ini memiliki anggota sekitar 537 orang yang berasal dari 11 staf yang ada di Lanud Abdulrachman Saleh. Secara administrasi saya menilai telah cukup berjalan dengan baik dengan tiga usaha di dalamnya yaitu unit toko, foto copi dan simpan pinjam “. tambah Danlanud.

“Kedepan saya harapkan koperasi tetap dapat mempertahankan kinerjanya serta mencari terobosan usaha yang memungkinkan guna meningkatkan keuntungan dalam usahanya. Untuk itu kepada para anggota hendaknya dapat memberikan masukan mengenai usaha-usaha apa yang perlu dikembangkan, sesuai iklim dan kebutuhan anggotanya, sehingga koperasi ini dapat lebih berkembang,” pungkas Danlanud Abd Saleh Marsma TNI Hesly Paat.

Baca juga:  92 CASIS BINTARA PK TNI AU LULUS TES PANTUKHIR DI LANUD SULTAN HASANUDDIN

Sedangkan Ketua Dekopinda Kabupaten Malang Drs.H. Aloewi mengatakan Dekopinda adalah merupakan mitra kerja pemerintah dalam rangka untuk membantu mensosialisasikan jati diri dan prinsip koperasi, pemberdayaan dan pengembangan usaha serta meningkatkan SDM pengelola koperasi. Langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh pengurus koperasi diantarannya pertama, usaha yang dilakukan oleh koperasi benar-benar menyentuh terhadap kepentingan dan kebutuhan ekonomi para anggotanya, dua meningkatkan kesadaran berkoperasi dikalangan masyarakat dengan mengop-timalkan informasi tentang perkoperasian, tiga melakukan pendidikan bagi anggota koperasi dan masyarakat secara berjenjang dengan lebih banyak pada kaderisasi pengelola koperasi, empat mengembangkan kerjasama antara koperasi melalui terwujudnya jaringan koperasi yang mantap dan kelima memperkuat potensi organisasi dan daya dukung koperasi sebagai pelaku utama pemberdayaan ekonomi rakyat.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel