Berita

PRODUK OLAHAN DARI BAHAN SINGKONG DAN NANAS

Dibaca: 25 Oleh 20 Mei 2010Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

PIA Ardhya Garini Cabang 5 Daerah 1 bersama Wanita Angkatan Udara (WARA) Lanud Suryadarma, kalijati, Subang, mengadakan  pelatihan membuat produk olahan yang berbahan dasar singkong dan nanas. Kegiatan bertempat di Kantor PIA Lanud Suryadarma, (28/1). Demo memasak ini juga menghadirkan Bp Sukarwanto dari Balai Besar Pengembangan Teknologi tepat guna.

Tahun lalu Balai Besar Pengembangan Teknologi Tepat Guna melalui Bp Sukarwanto juga mengadakan pelatihan tentang pengolahan ikan, dan untuk kali ini beliau kembali mengadakan pelatihan dengan pembuatan produk yang berbahan dasar singkong dan nanas. Produk yang dibuat adalah Renggining singkong dan Dodol nanas. Pelatihan dilaksanakan melalui beberapa tahap mulai dari penghalusan singkong dan nanas, pembuatan tepung tapioka, pengolahan dodol, pencetakan renggining, penjemuran renggining dan pengemasan. 

Ketua PIA Ardhya Garini Lanud Suryadarma Ny. Widiantoro menghimbau kepada seluruh peserta pelatihan agar benar-benar memperhatikan setiap tahap dalam proses pembuatan. Beliau juga mengharapkan dengan pelatihan ini akan menciptakan usaha-usaha baru bagi anggota PIA sehingga menambah omset pendapatan bagi rumah tangga. 

Baca juga:  Tes Samapta Casis Susbamenjur dan Sejurlata TPT di Wingdiktekkal

Bp Sukarwanto sebagai pemandu pelatihan juga mengharapkan agar mengurangi budaya konsumtif dan lebih menambah perilaku produktif pada ibu-ibu seperti dengan mengajarkan cara pembuatan tepung tapioka sendiri. Pengolahan dodol dilakukan dengan cara tradisional, memasak menggunakan kayu bakar untuk  menjaga citarasa yang khas selain itu untuk penghematan. Hal ini mendapat respon antusias dari ibu-ibu PIA dan Wara Lanud Suryadarma.

Diwaktu yang sama juga dilaksanakan pergantian pengurus PIA Ardya Garini  cabang 5 daerah 1 Lanud Suryadarma, pengurus yang diganti  yaitu bidang sosial, bidang Budaya, bidang keorganisasian, dan bendahara.  Ny Widiantoro dalam acara sertijab tersebut mengharapkan dengan adanya rolling pengurus ini akan memberikan kemajuan dalam organisasi dan menghimbau kepada setiap pengurus untuk selalu menjalin hubungan berinteraksi dengan sesama pengurus demi kemajuan organisasi PIA Ardya Garini.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel