Berita

Profesor Josaphat Beri Kuliah Umum di AAU

Dibaca: 10 Oleh 20 Mar 2015Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Bertempat di Ruang VIP Mako AAU, Wagub AAU Marsma TNI Wahyu A. Djaja, S.Sos didampingi pejabat AAU menerima kedatangan Profesor Josaphat Tetuko Sri Sumantyo, Ph.D., yang akan memberikan kuliah umum di AAU, Jum’at (20/3).

Kuliah umum yang bertemakan “Workshop On Spaceborne Synthetic Aperture Radar Image Signal Processing And Applications” ini diikuti oleh 140 peserta yang terdiri dari 98 orang Taruna AAU, 20 orang Dosen AAU serta 22 orang mahasiswa Program Pasca Sarjana Teknik Elektronika Universitas Gadjah Mada (UGM)

Gubernur AAU Marsda TNI Sugihardjo, S.E., M.M dalam sambutannya yang dibacakan oleh Wagub menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Profesor Josaphat di AAU yang akan memberikan kuliah umum dengan tema “Workshop On Spaceborne Synthetic Aperture Radar Image Signal Processing And Applications”.

“Tentunya dengan adanya kuliah umum ini akan sangat bermanfaat untuk memperkaya wawasan serta pengetahuan para Taruna, Dosen dan peserta kuliah umum yang pada akhirnya akan erat kaitannya dengan kesiapan dalam menyongsong tugas ke depan”, lanjut Gubernur.

Baca juga:  Danlanud : Latsarmil Latih Mental dan Terapkan Displin

Sementara itu Prof. Josaphat dalam kuliahnya memberikan penjelasan mengenai SAR atau Syntethic Aperture Radar, yang dikembangkan oleh Prof. Josaphat serta rekan-rekannya di Jepang.

Syntethic Aperture Radar sering disebut juga sebagai microwave sensor, karena menggunakan gelombang micro dalam cara kerjanya, gelombang tersebut ditransmit dari satelit kemudian di scatter oleh permukaan tanah, dipantulkan dan di terima kembali, jadi kita tembakkan dan kita terima”, ujarnya.

“Selain digunakan untuk keperluan sipil, Syntethic Aperture Radar ini pun nantinya diharapkan dapat digunakan dalam bidang militer”, ungkapnya.

Antusiasme peserta kuliah umum pun sangat tinggi, ini terbukti dari banyaknya pertanyaan yang muncul seusai Prof. Josaphat memberikan materinya.

Prof. Josaphat merupakan salah satu putra terbaik bangsa yang sudah sejak tahun 2013 bertindak sebagai profesor penuh di Center For Environmental Remote Sensing Universitas Chiba Jepang, juga sebagai profesor / dosen tamu di berbagai universitas dalam negeri Jepang dan luar negeri.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel