Berita

PROKLAMASI KEMERDEKAAN WAHANA PEMANTAPAN JATI DIRI PRAJURIT

Dibaca: 5 Oleh 18 Agu 2010Tidak ada komentar
2015 06 02 00002
#TNIAU 

Makassar (17/8). Kepala Staf TNI AU (Kasau) Marsekal TNI Imam Sufaat S.IP mengatakan, bagi TNI AU peringatan hari ulang tahun proklamasi kemerdekaan Indonesia ke-65 tahun 2010 merupakan wahana untuk lebih memantapkan jati diri sebagai prajurit pejuang dan tentara rakyat.

”Kemerdekaan Indonesia yang diraih dengan susah payah melalui pegorbanan harta dan nyawa, janganlah kita sia-siakan. Keinginan luhur untuk mewujudkan negara yang adil makmur dan sejahtera harus terus diupaakan” demikian Kasau Marsekal TNI Imam Sufaat S,IP dalam amanat upacara peringatan proklamasi kemerdekaan RI ke-65 di Markas komado Operasi TNI AU (makoopsau ) II makassar, yang dibacakan oleh Kepala Staf (Kas) Koopsau II Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ida Bagus Anom Manuaba, SE, Selasa, (17/8). Upacara yang diikuti prajurit dan PNS Makoopsau II dan Makosek Hanudnas II itu, diwarnai dengan pengibaran bendera merah putih dan pembacaan teks proklamasi.

Menurut Kasau, rasa nasionalisme dan semangat rela berkorban yang telah diteladankan para pejuang harus senantiasa terpatri di dada setiap anak bangsa. Implementasi dari rasa nasionalisme dan rela berkorban terhadap negara dan bangsa Indonesia diharapkan tidak sekadar wacana dan debat pendapat yang hanya memperkeruh suasana ketata negaraan.

Baca juga:  137 Casis Bintara Ikuti Sidang Pantukhirda

Dikatakan, komponen bangsa dan para founding father telah sepakat bahwa NKRI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kesepakatan ini harus dipegang sampai kapan pun juga. ”Kita harus berani bertindak tegas jika ada wacana dan pemikiran yang menginginkan suatu daerah wilayah lepas dari NKRI” tegas Kasau.

Di internal TNI AU, Kasau minta agar para prajurit TNI AU senantiasa meneladani semangat patriotisme yang telah ditunjukkan para pendahulu TNI AU dimasa lalu. Kasau berharap agar semangat itu tidak luntur dan terus menyertai setiap langkah generasi penerus TNI AU yang diimplemenasikan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.

Sebagai komponen bangsa, TNI AU menurut Kasau berkewajiban untuk ikut menciptakan situasi yang kondusif bagi suksesnya reformasi menuju cita-cita dan tujuan nasional. ”Pemahaman ini sangat penting dan harus diwujudkan dalam langkah-langkah nyata di lapangan” pungkas Kasau. Demikian, Kapen Koopsau II Mayor Sonaji Wibowo, S.IP menginformasikan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel