Berita

Proses Peralihan Status SD Angkasa Lanud El Tari Temukan Titik Terang

DSC_0729
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Pangkalan TNI AU El Tari beserta Yasarini Cabang Lanud El Tari melaksanakan rapat pembahasan status SD Angkasa Lanud El Tari, kegiatan ini dipimpin Langsung Komandan Lanud El Tari Kolonel Pnb Arief Hartono, S.H., yang didampingi Ketua Yasarini Cabang Lanud El Tari Ny. Alvia Arief Hartono, turut hadir dalam kegiatan tersebut Para Pejabat Lanud El Tari, Pengurus Yasarini Cabang Lanud El Tari, Kepala sekolah SD N Angkasa, Kepala Dinas P & K, dan Kepala Dinas PUPR. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Briefing Lanud El Tari. Rabu (09/01).

Agenda Pembahasan, pertama mengenai aset oleh Kepala PUPR Kota Kupang, menyampaikan belum bisa mengalihkan ke Yayasan karena status SD masih Negeri. Masalah aset tidak perlu dipersoalkan, silahkan berproses, setelah selesai silahkan yayasan untuk memindahtangankan dan harus mandapatkan persetujuan DPR, berproses dulu saja aset pasti mengikuti, ucap Bapak Jeffry Pelt selaku Kepala Dinas PUPR.

Agenda berikutnya masalah regulasi dan manajemen oleh Kepala Dinas Pendidikan dan kebudayaan yang menyampaikan dimana sekolah angkasa ini mempunyai sejarah dari tahun 60-an, regulasi yang perlu ditangani pengalihan status ke yayasan harus meminta nomor klaktor untuk yayasan, jadi perlu membuat surat tentang ijin operasional dan ijin pendirian sekolah ke dinas pendidikan tembusan ke walikota. Sedangkan untuk manajemen sepertinya tidak terlalu bermasalah tinggal SDN Angkasa dan yayasan untuk berkomunikasi.

Kepala Dinas Pendidikan dan Budaya dan Kepala Dinas PUPR sangat mendukung peralihan status ini “kami tidak hanya 100% tetapi 1000 % dalam mendukung peralihan ini, karena bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan anak-anak Wilayah Kupang khususnya dan Wilayah NTT pada umumnya.” Tambah Kepala Dinas P&K. dalam hal ini, diharapkan semua melalui prosedur yang telah ditetapkan, serta Yasarini diminta untuk berproses dengan segera, agar alih status ini segera terealisasi.

Peralihan status SD Negeri menjadi SD Swasta baru kali pertama terjadi di Kota Kupang. Hal ini menjadi pengalaman baru bagi Dinas P&K maupun PUPR dalam sebuah studi kasus. Nantinya hal ini akan segera ditindaklanjuti dari masing-masing Dinas bahkan hingga tingkat Kementerian.    

Danlanud El Tari menarik benang merah dari pertemuan ini yang perlu dilaksanakan yaitu membuat satu surat dengan 2 isi yaitu ijin operasinal dan ijin pendirian sekolah, selanjutnya setelah semua selesai dan akan dibuatkan MOU seperti yang telah disampaikan.

Diakhir rapat, Ketua Yasarini Cabang Lanud El Tari menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu proses alih status SDN angkasa kembali berada dibawah Yasarini menjadi SD Angkasa.

Leave a Reply