Berita

Prosesi Potang Balimau Sambut Bulan Suci Ramadhan Di Kota Batuah Pekanbaru

Dibaca: 53 Oleh 06 Mei 2019Tidak ada komentar
Potang Balimau 1
#TNIAU 

TNI AU. Lanud Roesmin Nurjadin Letkol PNB Dedi Supriyanto, yang diwakili oleh Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Letkol Sus H.M.Zukri, S.Ag, hadiri Potang Balimau sebagai simbol menyambut datangnya bulan suci Ramadhan Th.1440 H/2019 M di  Sungai Siak Pekanbaru. Minggu (5/5).

Dalam acara Potang Balimau  tersebut ada dua lokasi yang dijadikan kegiatan yaitu, ziarah ke Makam Marhum Pekan yang berada di Komplek Masjid Raya Pekanbaru, dimana Marhum Pekan merupakan Sultan kelima di Kerajaan Siak, merupakan pendiri Kota Pekanbaru, beliau mendirikan sebuah sebuah pekan atau pasar baru yang terpusat di tepian Sungai Siak ini menjadi cikal bakal berdirinya Kota Pekanbaru, sedangkan lokasi kedua di tepian Sungai Siak dekat Rumah Singgah Tuan Kadi.

Acara Potang Balimau dihadiri oleh Gubernur Riau Edi Natar, Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi, Forkopinda dan Asisten di jajaran Wali Kota. Prosesi diawali  dengan pemukul beduk dan menyirami anak yatim dengan air jeruk oleh Wakil Gubernur Riau dan Wakil Wali Kota Pekanbaru.

Baca juga:  Momentum Kenaikan Pangkat sebagai Semangat Pengabdian

Kemudian dilanjutkan dengan balimau basamo di tepian Sungai Siak sebagai simbol bersuci jelang memasuki bulan suci Ramadhan, prosesi Potang Balimau berjalan dengan aman, tertip dan lancar.

Terkait

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel