Berita

Psikologi Penerbangan Wujudkan Keselamatan

Dibaca: 748 Oleh 10 Mei 2017Tidak ada komentar
Museum Pusat TNI Angkatan Udara Dirgantara Mandala
#TNIAU 

Kegiatan sarasehan psikologi penerbangan pada hakekatnya memiliki makna dan nilai strategis dalam rangka sharing informasi dan menambah wawasan dalam upaya mewujudkan keselamatan penerbangan dari aspek human faktor.

Demikian sambutan Kasau Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.Ip yang dibacakan Aspers Kasau Marsda TNI Dedi Permadi pada acara Sarasehan Psikologi Penerbangan di Gedung Indoor Training Dinas Psikologi Angkatan Udara, Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa (9/5).

Dikatakan, dalam aspek psikologi penerbangan, telah banyak kajian kegagalan hubungan manusia dengan mesin (Man -machineInterface) yang mengakibatkan kecelakaan pesawat. Metode dalam melakukan analisis incident maupun accident pun telah dilakukan jauh lebih maju, salah satunya analisis 5 unsur M (Man, Machine, Media, Mission, and Management).

Kasau berharap, para pakar psikologi dan praktisi keselamatan penerbangan sebagai pembicara pada acara sarasehan tersebut dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman sehingga mampu meningkatkan keselamatan di lingkungan industri penerbangan nasional baik militer atau sipil.

Acara yang bertema “Peran Psikologi Penerbangan Untuk Meningkatkan Derajat Keselamatan Penerbangan di Indonesia“ ini menghadirkan lima narasumber yaitu Kadissurpotrudau MarsmaTNI DR (Can) A. Adang Supriyadi mengenai Implementasi kebijakan publik dalam hubungan dengan airmanship pilot guna tercapainya keselamatan penerbangan di Indonesia.

Baca juga:  AAU TERIMA KUNJUNGAN ANGGOTA PASKIBRAKA DKI JAKARTA

Ketua Sub-Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan Capt. Nurcahyo Utomo Dip.TSI tentang Peran Psikologi dalam Peningkatan Keselamatan Penerbangan, Sen Mgr. Operation Quality Management PT. Garuda Indonesia Persero (Tbk) Capt. Ludwig Bayu tentang Human Factor dan Kaitannya dengan Keselamatan Penerbangan.

Selain itu juga Kadislambangja MarsmaTNI Chairil Anwar tentang Keselamatan Terbang dan Kerja Pada Sosialisasi Budaya Safety Menuju Zero Accident, Direktorat Safety and Security Lion Air, Eduard Kallisto Manahan Pardede tentang Safety Management System dan Kadispsiau Marsma TNI Dr. Sukmo Gunardi, M. Si tentang Permasalahan Safety dalam Perspektif HFACS (Human Factor Analysis and Classification System)

Pada kesempatan itu diadakan pengukuhan pengurus Asosiasi Psikologi Penerbangan dengan Ketua Kadispsiau Marsma TNI Dr. Sukmo Gunardi, M. Si

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel