Berita

PT. ASKES AKAN BERTRANSFORMASI MENJADI BPJS KESEHATAN

Dibaca: 25 Oleh 15 Nov 2013Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

“PT. Askes akan bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan, per 1 Januari 2014 nanti,” jelas Kepala PT. Askes cabang Jakarta Timur dr. Nurifansyah, MKM, AAK., saat memberikan sosialisasi program BPJS Kesehatan di aula Iskandar Makosekhanudnas I, Jakarta. Kamis (14/11). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, ujarnya, merupakan badan hukum publik yang bertanggungjawab kepada Presiden dan berfungsi menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh penduduk Indonesia termasuk orang asing yang bekerja paling singkat 6 (enam) bulan di Indonesia. “Yang secara lugas tertuang dalam UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS,” lanjutnya.

Menurutnya, BPJS pada dasarnya mengemban misi negara untuk memenuhi hak konstitusional setiap orang atas jaminan sosial dengan menyelenggarakan program jaminan yang bertujuan memberi kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Sehingga, lanjutnya, adanya transformasi PT. Askes yang semula badan hukum private di bawah Menteri BUMN hanya untuk jaminan kesehatan PNS, Pensiunan TNI/Polri, Kementrian dan Veteran menjadi BPJS yang merupakan badan hukum publik langsung bertanggung jawab kepada Presiden untuk mengelola jaminan kesehatan seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga:  HUT Dharma Pertiwi di Tanjungpinang

“Untuk tahap kepesertaan, tahap pertama mulai tanggal 1 Januari 2014 terdiri atas peserta Jamkesmas, TNI/ Polri, PNS dan pensiunan serta JPK Jamsostek,” kata dr. Nurifansyah. Tahap selanjutnya, dikatakan akan mencakup seluruh penduduk yang belum masuk sebagai peserta BPJS Kesehatan paling lambat tanggal 1 Januari 2019.

“Esensi dari program BPJS Kesehatan ini untuk memberikan kemudahan bagi setiap warga negara indonesia di dalam mendapatkan pelayanan dan jaminan kesehatan yang lebih baik,” jelas Pangkosekhanudnas I Marsma TNI Tri Budi Satriyo, S.IP. M.M. “Sehingga, kita wajib ikut mensukseskan dan mendukung program pemerintah ini,” tambahnya.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel