Berita

PT. ASKES (PERSERO) MENJADI BPJS MULAI TANGGAL 1 JANUARI 2014

Dibaca: 18 Oleh 12 Nov 2013Tidak ada komentar
PT. ASKES (PERSERO) MENJADI BPJS MULAI TANGGAL 1 JANUARI 2014
#TNIAU 

Diharapkan dengan mulai diberlakukannya PT. Askes (Persero) menjadi Badan Penyelenggara Jaminan Nasional (BPJS) mulai tanggal 1 Januari 2014, Jaminan Kesehatan yang merupakan salah satu program Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) yang menganut 3 azas, 5 program dan 9 prinsip yang manfaatnya antara lain bersifat pelayanan kesehatan perorangan mencakup pelayanan promotif, preventif, kuratif, rehabilitatif, pelayanan obat, bahan medis habis pakai sesuai dengan indikasi medis yang diperlukan serta manfaat jaminan kesehatan lainnya dapat terpenuhi.

Demikian penjelasan dan gambaran yang disampaikan oleh ibu Zulensi selaku Kepala Bagian Pemasaran PT. Askes Cabang Soreang, Kabupaten Bandung, pada acara sosialisasi BPJS dan Jaminan Kesehatan, diikuti para personel Lanud Sulaiman dan perwakilan skadik, baik perwira, bintara, tamtama maupun pegawai negeri sipil yang dilaksanakan di gedung balai prajurit Cendrawasih Lanud Sulaiman, Bandung, Selasa (12/11).

Kepala Dinas Operasi Lanud Sulaiman Letkol Lek Bambang Astono mewakili Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Marsudiranto W., dalam sambutannya menyampaikan bahwa dengan diberlakukannya undang-undang tentang BPJS Kesehatan, tugas dan tanggung jawab RS Lanud Sulaiman tidak hanya terbatas pada anggota TNI AU dan keluarganya, akan tetapi juga melayani instansi lain dan masyarakat umum yang meminta pelayanan kesehatan tingkat pertama di RS Lanud Sulaiman. ”Dengan demikian, pelayanan kesehatan yang terbaik harus dapat diberikan oleh RS Lanud Sulaiman. Sosialisasi ini sesuai dengan amanat UU Nomor 24 Tahun 2011 tentang BPJS, khususnya PT Askes selaku penyelenggaranya,” kata Kadisops.

Baca juga:  Taklimat Awal Wasrikap It Korpaskhas di Denma Mako Korpaskhas

Selanjutnya dalam paparan tersebut disampaikan bahwa SJSN adalah hak konstitusional setiap orang dan merupakan wujud tanggung jawab negara. Lebih lanjut dipaparkan pula tentang jaminan kesehatan nasional, kepersertaan, iuran, manfaat jaminan kesehatan, koordinasi manfaat, komparasi askes dan BPJS Kesehatan, sistem pelayanan kesehatan, sistem kendali mutu, sistem pembayaran pelayanan, manajemen fasilitas kesehatan dan kesiapan PT Askes menjadi BPJS Kesehatan.

Diakhir ceramahnya, Zulensi memaparkan bahwa dengan adanya jaminan kesehatan yang kepesertaannya diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia, mind set yang sebelumnya berupa upaya kesehatan perorangan, maka program BPJS dengan managed care berubah menjadi upaya kesehatan masyarakat, sehingga hak untuk hidup sehat dapat dinikmati secara merata oleh seluruh bangsa Indonesia.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel