Berita

PUASA SEBAGAI MEDIA MELAKSANAKAN REVOLUSI ROHANI

Dibaca: 12 Oleh 16 Mei 2010Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Salah satu keutamaan bulan ramadhan, adalah sebagai waktu yang paling afdhal untuk beribadah dan beramal shaleh. Hal ini ditandai dengan pelipat gandaan pahala yang diperoeh manusia yang beramal shaleh dibanding bulan-bulan lainnya. Oleh karena itu, bila telah datang ramadhan, sangat dianjurkan untuk segera melaksanakan revolusi rohani, berupa perubahan sikap dan peilaku menjadi lebih baik.

 

Perwira rohani Islam Denma Koopsau II Kapten Sus Wildan Isnaeni, S.Ag dalam ceramah hikmah puasa kepada seluruh warga Makoopsau II, seusai apel pagi, Selasa 2/9) mengatakan, setidaknya ada lima hikmah puasa ramadhan. Pertama mengukur ketaatan manusia atas perintah Allah SWT, kedua mengarahkan sikap untuk melaksanaka revolusi rohani, ketiga membentuk jasmani yang sehat, keempat mengasah kepedulian terhadap sesama dan kelima melindungi manusia dari perbuatan tidak baik.

 

”Dibanding bulan-bulan lainnya, ramadhan memiliki keistimewaan sendiri, selain merupakan bulan dimana untuk pertama kali Al-Qur’an diturunkan, pahala atas amal ibadah yang diterima manusia juga akan berlipat ganda dalam bulan ramadhan, sehingga kita sangat dianjurkan untuk memperbanyak amal ibadah” kata Kapten Sus Wildan Isnaeni S.Ag.

Baca juga:  Pangkohanudnas Laksanakan Makan Siang Bersama Anggota

 

Dijelaskan, puasa ada tiga tingkatan, pertama puasa umum yaitu menahan haus dan lapar, kedua puasa khusus, yaitu menahan haus dan lapar serta menahan alat panca indera dari perbuat yang tidak baik serta ketiga puasa diatas khusus yaitu puasa umum dan khusus ditambah dengan puasa hati.

 

Sementara yang terkait dengan kewajiban puasa secara lahiriah, adalah tahu akan datangnya bulan ramadhan, beniat puasa pada malam hari, menahan diri untuk tidak memasukan sesuau ke dalam perut serta menahan diri dari perbuatan istima’. Demikian Kapen Koopsau II Mayor Sonaji Wibowo,S.IP menginformasikan.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel