Berita

Puncak Peringatan Hari Bakti TNI AU ke-72 di Lanud Abdulrachman Saleh

Oleh 29 Jul 2019 Juli 30th, 2019 Tidak ada komentar
Puncak Peringatan Hari Bakti Tni Au Ke-72 Di Lanud Abdulrachman Saleh
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Lanud Abdulrachman Saleh Marsma TNI Hesly Paat bertindak sebagai inspektur upacara pada upacara peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-72 bertempat di Taxy Way Skadron Udara 32 Wing 2 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang, Senin (29/7). Upacara tersebut merupakan puncak peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara ke-72 di Lanud Abdulrachman Saleh, yang dilanjutkan dengan acara wisuda purnabakti Prajurit TNI AU yang berdinas di Lanud Abdulrachman Saleh dan insub di hanggar Skadron Udara 32.

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Yuyu Sutisna,S.E., M.M., yang dibacakan Danlanud Abd.Saleh  menyampaikan “Upacara ini adalah puncak dari seluruh rangkaian peringatan hari bakti TNI Angkatan Udara tahun 2019, yang bertemakan “Bakti Pahlawan Udara Menjadi Tonggak Sejarah, Bakti Generasi Penerus Membangun Kejayaan Angkatan Udara.” Tema ini sengaja dipilih agar peristiwa heroik yang diperingati setiap tanggal 29 Juli ini, tidak sekedar menjadi nostalgia sejarah semata, namun terus menjadi kompas moral bagi generasi penerus untuk memberikan pengabdian yang terbaik kepada TNI Angkatan Udara. Sejarah Hari Bakti juga merupakan jawaban paling fundamental dan rasional ketika Bangsa Indonesia bertanya mengapa negara harus bersusah payah untuk membangun kejayaan TNI Angkatan Udara.

Lebih lanjut Kasau menyampaikan, Tragedi gugurnya tiga putra terbaik TNI Angkatan Udara pada sore hari tanggal 29 juli 1947, adalah duka mendalam bagi bangsa. Komodor udara Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, adalah profil prajurit jenius dan multi talenta pada jamannya. Abdulrachman saleh adalah maha guru ilmu kedokteran yang rela meninggalkan dunia pendidikan untuk bergabung dengan angkatan udara. Beliau adalah sosok ringan tangan dan Penerbang hebat yang ikut mendirikan RRI serta merintis ilmu fisiologi kedokteran Indonesia. Komodor udara Agustinus Adisutjipto adalah perwira cerdas, penerbang tangguh, dan pendiri sekolah penerbang TNI Angkatan Udara. Sementara opsir muda udara Adi Soemarmo Wiryokusumo adalah perwira muda inovatif dan pendiri sekolah radio telegrafis pertama di lingkungan TNI Angkatan Udara.

 Upacara diikuti oleh peleton Perwira Pertama, peleton Pomau, kompi Bintara/Tamtama dari Lanud, Depohar 30, Sesa Abd dan GPP 5, peleton Yonko 464 Paskhas, peleton Denmatra 2 Paskhas dan peleton PNS.  Bertindak selaku Komandan Upacara Mayor Tek Rio O. Saputra, S.T., dari Skadron Udara 4. Usai upacara dilanjutkan tradisi jajar kehormatan pelepasan purna tugas terhadap 64 personel TNI AU dari Lanud Abdulrachman Saleh dan insub. Turut hadir pada upacara tersebut Pengurus dan anggota PPAU Malang, Perwakilan Pepabri Kabupaten dan Kota Malang,  Ketua PIA Ardhya Garini Cab 3/DII ibu Cynthia Hesly Paat beserta pengurus, Komandan Depohar 30 Kolonel Tek Semri Bija,S.E., Komandan Wing 2 Lanud Abd Saleh Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P., para kepala dinas, komandan satuan, pejabat staf,  perwira, bintara, tamtama, dan PNS dari jajaran Lanud Abdulrachman Saleh dan Insub.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel