Berita

Puncak Peringatan HUT TNI AU ke 69 di Lanud Sjamsudin Noor

Dibaca: 2 Oleh 10 Apr 2015Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Tepat pada pukul 10.00 Wita, Keluarga Besar Lanud Sjamsudin Noor melaksanakan upacara puncak peringatan HUT TNI AU ke-69 Tahun 2015, dilaksanakan secara sederhana di Lapangan Apel Lanud Sjamsudin Noor, Kamis, (9/4) diikuti oleh seluruh anggota Lanud SAM baik Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS. Bertindak selaku inspektur upacara adalah Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Erwin Sugiandi dan Komandan upacara Ka Ada Lanud SAM Kapten Kal Aji Nugroho.

Diawal upacara didahului pembacaan sejarah singkat TNI Angkatan Udara dan ditengah tengah upacara Inspektur Upacara membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna. Dalam amanatnya dikatakan sejak kelahirannya 69 tahun silam Angkatan Udara berperan aktif dalam berbagai penugasan, yaitu menyelenggarakan pembinaan dan kesiapsiagaan operasional satuan-satuan dalam jajarannya, melaksanakan operasi udara dalam rangka penegakkan kedaulatan Negara di udara serta mendukung kedaulatan Negara di darat dan di laut.

Lebih lanjut, Kasau juga mengatakan antara lain; permasalahan terorisme dan perkembangan gerakan radikal ISIS (The Islamic State of Iraq and Syria) sangat mengkhawatirkan serta meresahkan umat beragama. Hal tersebut, harus disikapi dengan serius serta penuh kehati-hatian untuk merumuskan pencegahan mulai dari luar negeri maupun pencegahan masuk kedalam Negeri. Selain itu, permasalahan ilegal fishing, ilegal logging, human traficking dan peredaran serta kejahatan narkoba, juga merupakan tantangan yang memerlukan peran serta TNI AU untuk aktif bersama komponen bangsa lainnya guna mencari solusi pemecahan masalah yang substantif dan menyentuh akar permasalahan.

Baca juga:  Peringatan Tahun Baru Islam 1439 H/2017 M di Lanud Abd Saleh

Dengan semangat peringatan HUT TNI AU ke 69, Kasau berharap bisa memunculkan pemikiran, inspirasi baru yang dapat membawa upaya baru lebih baik untuk ke depan, sesuai dengan tema peringatan Ke 69 HUT TNI AU tahun 2015 ini yaitu, “Dilandasi Iman dan Taqwa, Militan, Profesional dan Solid, TNI AU Siap Menjaga Kedaulatan dan Keutuhan NKRI serta Mendukung Terwujudnya Poros Maritim Dunia.” Tema tersebut sangat tepat, karena sesuai dengan kebijakan pemerintah dan dengan jiwa dan semangat Swa Bhuwana Paksa, TNI AU siap melaksanakan dan menjalankan tugas pengabdiannya mempertahankan kedaulatan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dan memiliki semangat jiwa juang yang handal dan pantang menyerah.

Upacara berjalan sangat hikmat dan lancar, dan dilanjutkan acara ramah tamah di ruang serbaguna Lanud SAM. Dalam kesempatan HUT TNI AU ini juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Ketua PIA AG Cab.12/D.II Lanud SAM Ny. Dewiyana Erwin Sugiandi.

Dalam memperingati HUT TNI AU ke 69 ini Lanud Sjamsudin Noor sebelumnya telah melaksanakan bhakti sosial donor darah, penanaman pohon, lomba menembak, turnamen bola basket Danlanud Cup 2015 dan ziarah ke TMP Bumi Kencana Landasan Ulin Banjarbaru.

Baca juga:  173 ANGGOTA LANUD IWJ NAIK PANGKAT

Hadir pada upacara tersebut para tamu undangan yang terdiri dari PPAU Cab.41 Banjarmasin, Ketua PIA Ardhya Garini Cab.12/D.II Lanud SAM Ny. Dewiyana Erwin Sugiandi beserta pengurus PIA AG Cab.12/D.II Lanud SAM dan juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan, Walikota Banjarbaru Ruzaidin Noor, Ketua DPRD Banjarbaru, Ketua GEMA Kalsel beserta para rekan dan tamu undangan lainnya.

Melalui Peringatan HUT TNI AU ke 69 tahun 2015 ini diharapkan kepada segenap Prajurit dan PNS Angkatan Udara agar semakin meningkatkan Ketaqwaan kepada Tuhan YME dan selalu menaati aturan hukum dalam pelaksanaan tugas sehari-hari serta laksanakan setiap tugas yang diberikan secara profesional dengan penuh disiplin, tanggung jawab dan senantiasa tetap berpegang teguh Saptamarga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

“Dirgahayu TNI Angkatan Udara”

“Swa Bhuwana Paksa”

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel